Follow Us

Dapat Rp 3 Juta per Tahun, Cara Daftar Bansos PKH Cuma Modal HP

Rifka Amalia - Senin, 31 Oktober 2022 | 14:15
Ilustrasi aplikasi Cek Bansos - Cara Daftar Bansos PKH
Kolase Kemensos.go.id dan Grid.id

Ilustrasi aplikasi Cek Bansos - Cara Daftar Bansos PKH

Sosok.ID - Cara Daftar Bansos PKH. Bantuan sosial program keluarga harapan atau Bansos PKH telah memasuki pencairan periode Oktober hingga Desember 2022.

Masyarakat dapat melakukan pendaftaran bansos PKH melalui online hanya dengan bermodalkan HP dan sambungan internet.

Saat ini program Bansos PKH telah memasuki tahap ke empat. Mayarakat kurang mampu yang terdaftar dalam program Bansos PKH akan mendapat Rp 3 juta per tahun sesuai kategori.

Masyarakat berhak mengajukan diri masuk dalam DTKS Kemensos sebagai calon penerima manfaat jika merasa berhak menerima Bansos PKH.

Adapun masyarakat calon penerima Bansos PKH memiliki syarat yakni merupakan warga miskin atau rentan miskin.

Selanjutnya yakni harus merupakan warga terdampak pandemi Covid-19 atau warga yang kehilangan pekerjaan karena pemutusan hubungan kerja (PKH).

Bansos PKH juga hanya boleh diterima oleh warga yang tidak menjabat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Anggta TNI maupun Polri juga tidak dapat menerima Bansos PKH.

Inilah cara daftar Bansos PKH online, hanya model ponsel dan jaringan intenet:

1. Unduh aplikasi Cek Bansos melalui PlayStore, kemudian login jika sudah memiliki akun.2. Jika belum memiliki akun. klik 'buat akun'.3. Masukkan data diri lengkap sesuai dengan KTP dan KK4. Masukan nomor KK, NIK KTP, dan nama lengkap.5. Masukan alamat dimulai dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan,kelurahan/desa. Seluruh pengisian data harus berdasarkan KTP yang berlaku.6. Lanjutkan dengan unggah foto KTP dan swafoto dengan KTP.7. Untuk selanjutnya, unggah foto KTP kalian dan swafoto dengan KTP, usahakan foto jelas.8. Kemudian, klik 'buat akun baru'9. Kemenkos akan mengaktivasi akun Anda dan memberikan pemberitahuan via email.10 Cek informasi penerimaan akun usul kelayakan Kemensos via email. Jika aktivasi berhasil, buka lagi aplikasi Cek Bansos.

(*)

Baca Juga: Cara Daftar Akun Kartu Prakerja, Persiapan Gelombang 48

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest