Follow Us

Bikin Negara Kalang Kabut, Sosok Pria Madiun Diduga Hacker Bjorka Sehari-hari Jualan Es di Pintu Masuk Pasar

Rifka Amalia - Kamis, 15 September 2022 | 19:45
Diduga sebagai sosok asli hacker Bjorka, pemuda asal Madiun diamankan polisi.
(KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto)

Diduga sebagai sosok asli hacker Bjorka, pemuda asal Madiun diamankan polisi.

Sosok.ID - Belakangan ini, hacker Bjorka membuat kelimpungan sejumlah pejabat pemerintahan karena aksinya. Polisi menangkap pria asal Madiun inisial MAH.

Jagat sosial media Twitter dan Telegram belakangan dihebohkan dengan kemunculan sosok Bjorka.

Dikutip dari Kompas.com, sosok tersebut diduga telah meretas sejumlah data pribadi pejabat pemerintahan. Mulai dari nomor telepon hingga data vaksinasi covid-19.

Hacker Bjorka juga diduga telah meretas data pelanggan Indihome, data registrasi SIM Card, data KPU RI, data pejabat negara dan sejumlah dokumen surat menyurat milik Presiden Joko Widodo, termasuk surat yang dikirim oleh Badan Intelijen Negara (BIN).

Untuk memburu hacker Bjorka, pemerintah membentuk tim terpadu khusus.

Adapun tim khusus ini terdiri dari Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Polri, Badan Intelejen Negara (BIN), Badan Siber Sandi Negara (BSSN), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Setelah dilakukan penelusuran, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) pada Rabu (14/9/2022) malam, mengamankan seorang pria asal Madiun berinisial MAH berusia 21 tahun.

Pemuda Madiun itu dicurigai sebagai sosok hacker Bjorka.

“Untuk yang di Madiun sedang didalami terkait menyangkut masalah yang bersangkutan. Semua tim masih bekerja semuanya timsus,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Ditegaskan Dedi, pendalaman terhadap sosok MAH hingga kini masih dilakukan, yang mana sosok MAH saat ini berstatus sebagai saksi dan belum disimpulkan sebagai hacker Bjorka.

“Belum. Belum disimpulkan seperti itu karena masih didalami timsus, saya tidak berkompeten menjelakan sebelum timsus nanti telah selesai bekerja,” papar Dedi.

Adapun, pemuda yang berdomisili di Dusun Mawatsari, Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun itu, sehari-hari disebut memiliki kegiatan membantu orang tua berjualan es.

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest