Follow Us

Diklaim Jadi Jet Tempur Paling Mahal di Muka Bumi, F-35 Malah Dikandangkan Israel, Cacat Parah!

May N - Selasa, 02 Agustus 2022 | 06:00
Belum Juga Full Operasional, AU Amerika Sudah Tak Puas dengan Performa F-35
Petty Officer 3 Vance Hard

Belum Juga Full Operasional, AU Amerika Sudah Tak Puas dengan Performa F-35

Sosok.ID - Aktivitas jet tempur siluman F-35 dihentikan sementara oleh Angkatan Udara Israel.

Rupanya, ada kekhawatiran dari AS jika ada cacat pada sistem ejeksi kursi pilot.

"Pesawat akan menjalani inspeksi yang akan berlangsung beberapa hari," kata Angkatan Udara Israel di Twitter.

"Dan setiap operasi F-35 akan dilakukan dengan otorisasi khusus dari kepala angkatan udara," sambung tweet itu seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (31/7/2022).

Pengumuman Israel ini mengikuti pemberitahuan AS bahwa ada kemungkinan cacat pada kartrid bahan peledak dalam sistem ejeksi kursi pelontar pilot di atas tiga pesawat militer AS.

Termasuk salah satunya jet tempur F-35, memaksa penghentian sementara beberapa operasi AS.

Masalah ini baru ditemukan di seluruh dinas militer dan di berbagai jenis pesawat yang memiliki kursi pelontar.

F-35 adalah jet tempur siluman generasi kelima, dikenal juga sebagai Joint Strike Fighter dan di Israel dinamai "Adir" dalam bahasa Ibrani.

Sebanyak 820 unit jet tempur F-35 yang dibangun oleh Lockheed Martin Corp sudah dikirim ke seluruh dunia, dari 3000 yang potensial untuk AS dan negara-negara mitra.

Pelanggan terbesar adalah Angkatan Udara AS, dengan 348 dari 1.763 unit pesawat yang direncanakan sekarang dalam inventarisnya.

Setelah bertahun-tahun melakukan pembicaraan, Pentagon mengumumkan awal bulan ini bahwa mereka telah mencapai kesepakatan awal dengan Lockheed Martin Corp mengenai kontrak tiga tahun berikutnya untuk 375 lebih jet tempur canggih tersebut.

Kantor Akuntabilitas Pemerintah AS awal tahun ini mengatakan bahwa tingkat kesiapan F-35 untuk Angkatan Udara, Angkatan Laut dan Korps Marinir telah meningkat sejak 2019 tetapi masih jauh dari tujuan program.

Baca Juga: Bak Diam-diam Menghanyutkan, Kekuatan Militer Indonesia Ternyata Mampu Kalahkan Jerman Sampai Israel, Malaysia Sampai Iri?

Editor : May N

Latest