Follow Us

Viral Boneka Arwah di Kalangan Selebriti

Seto Ajinugroho - Rabu, 05 Januari 2022 | 06:13
Ivan Gunawan memamerkan foto dua bayi boneka arwah miliknya bersama Futri Harun. Celine Evangelista mengikuti jejak Ivan Gunawan.
Instagram

Ivan Gunawan memamerkan foto dua bayi boneka arwah miliknya bersama Futri Harun. Celine Evangelista mengikuti jejak Ivan Gunawan.

Sosok.ID - Boneka Arwah mendadak viral.

Karena selebriti tanah air ramai-ramai memamerkan boneka arwah miliknya.

Celine Evangelista dan Ivan Gunawan misalnya yang memiliki boneka arwah.

Hal ini mendapat respon ulama yakni Buya Yahya dan MUI.

Baca Juga: Darahnya Mendidih, Faisal Minta Sosok Doddy Sudrajat Tak Usah Dekati Gala Sky Jika Meragu Soal DNA: Tidak Pantas!

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang Dakwah, Cholil Nafis mengatakan punya boneka jelas tak apa tapi jika sudah mengarah pada persepsi bersemayamnya arwah itu baru ganjil.

"Punya boneka mainan itu boleh tapi kalau itu diisi atau dipersepsikan tempat arwah hukumnya tidak boleh memelihara makhluk halus," ujarnya dikutip dari Tribunnews, Senin (3/1/2022).

"Kalau disembah musyrik tapi kalau berteman saja berarti berteman dengan jin. Ya, tidak boleh anak dari benda mati," tambah Cholil.

Baca Juga: Mau Bapaknya Ogah Anaknya, Demi Pacarnya Pria Ini Tega Dorong Jatuh 2 Balitanya dari Lantai 15 Apartement

Sementara itu Pengasuh Lembaga Pengembangan Dakwah (LPD) Al-Bahjah Cirebon, Buya Yahya menjelaskan di kalangan kaum Muslim saja bahwa memiliki boneka atau patung tak diperbolehkan dalam agama Islam.

Namun jika kepercayaan lain maka Buya Yahya menyerahkan semuanya kepada para umat agama masing-masing sebagai bentuk toleransi beragama.

Baca Juga: Wajahnya Murung, Thariq Tanggapi Isu Fuji Dijodohkan dengan Pria Lain: Kamu Jungkir Balik, Saya yang Dapet

"Kami akan bicara dalam keluarga muslim, (jika) anda seorang muslim, urusan boneka bagi orang dewasa tidak ada perbedaan pendapat, boneka dalam bentuk manusia kalau anda punya di rumah, kalau anda beli untuk yang dewasa nggak boleh," ujar Buya Yahya.

"Adapun untuk anak kecil, itu tanpa embel-embel spirit dolls/boneka arwah dan yang lainnya, hanya sekadar boneka (diperbolehkan)," kata Buya Yahya. (*)

Baca Juga: Maia Estianty Turun Tangan, Dul Jaelani Kelewat Bucin dnegan Tissa Biani sampai Rugikan Diri Sendiri: Aku Diselamatkan Bunda

Source : tribunnews

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest