Follow Us

Negaranya Krisis Pangan Sampai Warga Kekurangan Pangan, Kim Jong-Un Tolak Bantuan Beras Korea Selatan Hanya Karena Masalah Ini, Tak Habis Pikir!

Maymunah Nasution - Jumat, 04 Desember 2020 | 07:35
Jengkel Karena Korea Utara Susah, Kim Jong Un Eksekusi Tokoh Ekonomi Pyongyang
KCNA

Jengkel Karena Korea Utara Susah, Kim Jong Un Eksekusi Tokoh Ekonomi Pyongyang

Sosok.ID - Badan terkemuka antar-Korea di Seoul mengatakan pada Senin (30/11/2020) bahwa pihak mereka sedang bernegosiasi dengan Program Pangan Dunia ( WFP) untuk mengganti 50.000 ton bantuan beras yang ditolak Pyongyang, Korea Utara dalam bentuk uang.

Melansir Joong Ang Daily, Juru bicara Kementerian Unifikasi Yoh Sang-key mengatakan bahwa pemerintah Korea Selatan berharap bisa memperoleh 11,77 juta dollar AS bantuan dari WFP untuk mengelola proyek bantuan tahun ini karena tidak ada kemajuan akibat kurangnya respons dari Korea Utara.

Proyek itu disusun tahun lalu, dimaksudkan Seoul sebagai niat baik dan harapan mereka terhadap Pyongyang di tengah kebuntuan negosiasi denuklirisasi.

Baca Juga: Tak Hanya Batubara, China Juga Terapkan Sanksi Impor Pada Bijih Besi Australia dan Tolak Produk Mereka, Alasannya Begitu Menohok!

Rencana proyek itu adalah mengirim bantuan pangan berupa beras sebesar 50.000 ton ke Korea Utara melalui WFP.

Proyek itu merupakan yang pertama kalinya dalam satu dekade, pemberian bantuan pangan dari Selatan ke Utara.

Namun, beberapa minggu setelah Seoul menyetujui sumbangan itu dikirim akhir Juli 2019, pejabat Korea Utara mengatakan kepada WFP bahwa mereka tidak menginginkan bantuan tersebut.

Apa sebabnya?

Halaman Selanjutnya

Source : Kompas.com

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest