Follow Us

Iran Terang-terangan Curigai Israel Sebagai 'Pembunuh Bayaran' AS untuk Bunuh Ilmuwan Nuklir Mereka, Begini Kejadiannya

Maymunah Nasution - Sabtu, 28 November 2020 | 21:35
Mohsen Fakhrizadeh (tengah)
Iran Deadline

Mohsen Fakhrizadeh (tengah)

Sosok.ID - Salah satu ilmuwan nuklir paling terkemuka Iran, Mohsen Fakhrizadeh, dibunuh pada Jumat (27/11) dalam sebuah serangan terhadap mobilnya di luar Teheran.

Iran menuduh musuh bebuyutannya yakni Israel berada di belakang pembunuhan Fakhrizadeh.

Fakhrizadeh "terluka parah" ketika penyerang menargetkan mobilnya sebelum terlibat dalam baku tembak dengan tim keamanannya, kata kementerian pertahanan Iran dalam sebuah pernyataan yang dikutip Channel News Asia dari AFP.

Baca Juga: Terang-Terangan Pernah Menginap di Hotel Jerman Bersama 20 Selirnya, Seorang Jurnalis Inggris Bocorkan Perilaku Raja Thailand, Lakukan Hal Ini di Kamar Hotel Bersama Selirnya

Fakhrizadeh, yang memimpin organisasi penelitian dan inovasi kementerian Iran, kemudian "menjadi martir" setelah petugas medis gagal untuk menghidupkannya kembali.

Fakhrizadeh, pernah digambarkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebagai bapak program senjata nuklir Iran.

Fakhrizadeh melakukan perjalanan dengan mobil di dekat kota Absard di wilayah Damavand timur provinsi Teheran.

Sebuah laporan televisi pemerintah Iran tentang pembunuhan itu menggambarkan dia sebagai salah satu "ilmuwan nuklir Iran" dan menyebutkan Israel "memiliki permusuhan lama dan mendalam terhadapnya".

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan, ada "indikasi serius peran Israel" dalam pembunuhan ilmuwan itu.

Halaman Selanjutnya

Source : Kontan.co.id

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest