Follow Us

Jika AS Kirimkan Kapal Induknya yang Canggih, China Tak Kalah Kirimkan Kapal Induk Produksi Lokal ke Laut China Selatan, Sebut Mereka yang Patut Menjaga Perdamaian di Wilayah Sengketa Itu

Maymunah Nasution - Selasa, 24 November 2020 | 19:35
Kapal Induk China Shandong siap melawan kapal perang andalan Amerika Serikat USS Gerald R Ford
Navy Recognition

Kapal Induk China Shandong siap melawan kapal perang andalan Amerika Serikat USS Gerald R Ford

Sosok.ID - Shandong, kapal induk pertama China yang dikembangkan di dalam negeri, baru-baru ini memulai pelayaran ketiga tahun ini, setelah menyelesaikan misi pengujian dan pelatihan reguler pada akhir Oktober lalu.

Shandong meninggalkan Galangan Kapal Dalian di Provinsi Liaoning, China Timur Laut pada Sabtu (21/11), surat kabar yang berbasis di Hong Kong, Ta Kung Pao melaporkan pada Senin (23/11), seperti dikutip Global Times.

Bertepatan dengan tanggal perjalanan Shandong, pemberitahuan pembatasan navigasi yang Badan Keselamatan Maritim Dalian keluarkan pada Jumat (20/11) mengatakan, ada latihan militer dari 21 November hingga 6 Desember di bagian Utara Laut Kuning.

Baca Juga: Faktanya Meskipun Indonesia Berang Dengan China yang Main Nyelonong dan Mancing Ikan Sesuka Hati, Bagi Indonesia Amerika Adalah Pemancing Kerusuhan Sebenarnya, Ini Sebabnya

Ini adalah ketiga kali Shandong berlayar untuk menjalankan misi pelatihan pada 2020.

Pelatihan pertama berlangsung di Laut Kuning dan Laut Bohai dari 25 Mei hingga 17 Juni, dan yang kedua di Laut Bohai dari 1 sampai 22 September.

Pelatihan dengan jet tempur berbasis kapal induk

Shandong kemungkinan akan melakukan pelatihan dengan jet tempur berbasis kapal induk dan penggunaan senjata, Song Zhongping, pakar militer China, mengatakan kepada Global Times pada Senin (23/11).

"Shandong juga bisa bekerjasama dengan gugus tempur untuk berlatih dan berkoordinasi dengan kapal perang lain, seperti kapal perusak dan kapal fregat," kata Song.

Halaman Selanjutnya

Source : Kontan.co.id

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest