Follow Us

Meski Memilih Merdeka, Ternyata Timor Leste Tak Dilepaskan Begitu Saja oleh Indonesia, Masih Ungkit Aset Ini Tertinggal di Timor Leste

Tatik Ariyani - Sabtu, 21 November 2020 | 07:35
Foto bendera Timor Leste.
Timorman

Foto bendera Timor Leste.

Sosok.ID - Pada 30 Agustus 1999, hampir 80 persen rakyat Timor Timur memilih berpisah dari Indonesia.

Referendum yang didukung PBB itu mengakhiri konflik berdarah sekaligus mengakhiri kependudukan mereka sebagai Warga Negara Indonesia.

Memberikan jalan bagi rakyat Timor Leste untuk meraih kemerdekaan.

Dilansir dari AFP via Kompas.com, pendudukan Timor Leste memantik aksi penindakan memilukan selama 24 tahun yang menelan nyawa 250.000 baik karena perang, kelaparan, hingga penyakit.

Baca Juga: Diramalkan Jadi Negara Papan Atas Tahun 2050, Tetapi Rakyat Indonesia Masih Hidup Menderita, Penelitian Ini Bocorkan 'Borok' Pemerintah Indonesia Ini Jadi Penyebab Rakyatnya Hidup Sengsara

Namun kegembiraan berubah menjadi duka setelah militer Indonesia dan milisinya menyerbu dengan menghancurkan infrastruktur mereka, serta memaksa ratusan ribu orang mengungsi, dan membunuh 1.400 orang.

Timor Leste, negara yang sebagian besar dari 1,3 juta penduduknya memeluk agama Katolik, baru diakui secara internasional tiga tahun setelah pemungutan suara.

Meski cukup lama Timor Leste merdeka dari Indonesia, rupanya Indonesia tak bisa benar-benar 'melepaskan' negara tersebut.

Mengenai hal ini, ada sebuah artikel Inter Press Service (IPS) yang membahasnya pada artikel tertanggal 28 Juni 2002 berjudul EAST TIMOR: For Indonesia, Separation Still Hard to Accept.

Halaman selanjutnya...

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest