Follow Us

Israel Semakin Mesra dengan Negara Timur Raksasa China di Tengah-tengah 'Perang Ini' antara AS-China: 'Masa Depan Terlihat Menjanjikan'

Muflika Nur Fuaddah - Selasa, 17 November 2020 | 21:35
Israel-China
Foreign Policy

Israel-China

Sosok.ID - Dengan industri teknologinya yang kuat, Israel telah muncul sebagai penerima manfaat langka dari persaingan AS-China - untuk saat ini.

Ketika Amerika Serikat dan China menemukan diri mereka terkunci dalam perang keunggulan teknologi, ndustri semikonduktor Israel dapat menjadi "chip" berikutnya di bahu Washington.

Semikonduktor, blok bangunan teknologi digital modern, memegang kunci untuk mencapai terobosan dalam segala hal mulai dari kecerdasan buatan (AI) dan data besar hingga robotika dan realitas virtual.

Khawatir bahwa kemajuan teknologi semikonduktor China menguntungkan Tentara Pembebasan Rakyat, dan berusaha mempertahankan keunggulan teknologi Amerika di atas Republik Rakyat China, Washington telah melakukan serangan.

Baca Juga: Mulai Dari Kasus Penggelapan Pajak Sampai Uang Tutup Mulut, Donald Trump Masih Ditunggu Deretan Kasus Ini Setelah Tak Lagi Jadi Presiden

Raksasa telekomunikasi China ZTE termasuk di antara yang pertama terkena sanksi yang melumpuhkan pada awal 2018, setelah melanggar embargo AS terhadap Iran dan Korea Utara.

Langkah tersebut mencegah ZTE memperoleh komponen penting dari produsen semikonduktor Amerika, Qualcomm.

Setahun kemudian, pemerintahan Trump memberlakukan kontrol ekspor pada Huawei, melarang penjualan chip buatan AS tanpa persetujuan lisensi sebelumnya.

Pada September 2020, Amerika Serikat memperluas "Daftar Entitas", memberlakukan pembatasan pada pembuat chip yang didanai negara terbesar di China, Semiconductor Manufacturing Industrial Corp (SMIC).

Halaman selanjutnya...

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest