Follow Us

Abu Jenazah Palsunya Dikembalikan 25 Tahun Kemudian , Inilah Kisah Penculikan Gadis Jepang Megumi Yokota oleh Agen Rahasia Korea Utara

Khaerunisa - Sabtu, 31 Oktober 2020 | 21:35
Megumi Yokota, gadis Jepang korban penculikan oleh agen rahasia Korea Utara
Foto keluarga Megumi Yokota/ABC News

Megumi Yokota, gadis Jepang korban penculikan oleh agen rahasia Korea Utara

Sosok.ID - Di era sebelum Jepang mengalami kekalahan dalam Perang Dunia II, mungkin rakyat Korea Utara mendapatkan penindasan demi penindasan dari negeri sakura.

Namun, beberapa dekade kemudian setelah Korea Utara merdeka, yaitu selama tahun 1970-an dan 1980-an, warga Jepang menjadi korban penculikan oleh agen rahasia Korea Utara.

Disebut operasi penculikan itu dilakukan karena berbagai alasan, salah satunya yaitu memanfaatkan mereka untuk melatih mata-mata Korea Utara agar bisa menyusup ke negeri sakura.

Meski Korea Utara dengan tegas membantah keterlibatan apapun, setidaknya hingga tahun 2002.

Baca Juga: Tiba-tiba Muncul Bak Bangkit dari Kematian, Ahli Ungkap Alasan Kemunculan Kembali Bibi Kim Jong-un Tahun Ini setelah 'Hilang' 6 Tahun

Sementara itu, menurut ncnk.org, Jepang secara resmi mengidentifikasi 17 kasus penculikan warganya oleh agen Korea Utara.

Sementara organisasi Jepang yang terlibat dengan masalah ini memperkirakan bahwa jumlah totalnya mendekati 100, dan angka pastinya tidak diketahui.

Barulah dalam pernyataannya pada KTT 2002, Kim Jong-il dilaporkan mengatakan bahwa masalah tersebut "sangat disesalkan dan saya inginmeminta maaf secara terus terang,", dan bahwa mereka yang bertanggungjawab atas penculikan akan "dihukum dengan keras".

Korea Utara akhirnya mengakui penculikan 13 korban, mengklaim bahwalima masih hidup dan delapan meninggal karena berbagai sebab atau kecelakaan alam.

HALAMAN SELANJUTNYA>>>

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest