Follow Us

‘Musuh dari Musuh Saya Adalah Teman Saya’, Jika Australia Ingin Kalahkan China Maka Mereka Harus Kerja Sama dengan Indonesia, Sebab Indonesia Bisa Bahayakan China

Mentari DP - Jumat, 23 Oktober 2020 | 13:35
Ilustrasi pangkalan militer.
Navy Times

Ilustrasi pangkalan militer.

Sosok.ID – Pernah dengar pepatah lama, “musuh dari musuh saya adalah teman saya”?

Itu bisa menjadi dasar Australia bekerja sama dengan Indonesia

Sebab, hubungan Australia dan China memanas setelah pemerintah Australia meminta penyelidikan terkait virus corona (Covid-19) pada bulan April 2020 silam.

Namun bukannya membalas, China malah memutus sejumlah ekspor dan impor antar dua negara.

Baca Juga: Jadi Pasukan Khusus yang Ditakuti Dunia, Ternyata Prajurit Kopassus Pernah Dibuat Ketakutan Ketika Masuk Sarang Suku Kanibal Karena Takut Dimakan, Tapi Begini Akhirnya

Sejak itu, hubungan dua negara ini panas dingin.

Sementara Indonesia tentunya memiliki masalah sendiri dengan China, yang terlihat jelas dalam aksi Beijing atas Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

Lalu bagaimana tanggapan Indonesia?

Dilansir dari warontherocks.com pada Kamis (22/10/2020), sepertinya sikap militer Australia disambut baik dan tegas oleh Jakarta.

Jakarta merespon tanggapan terhadap Pembaruan Strategis Pertahanan 2020 dan Rencana Struktur Angkatan 2020 yang kemungkinan akan lebih kompleks dan akan membutuhkan manajemen yang cekatan oleh para pembuat kebijakan Australia.

Halaman selanjutnya…

Editor : Sosok

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest