Follow Us

Bukan Iran, AS, atau China, Namun Perang Antara Armenia-Azerbaijan yang Bisa Sebabkan Perang Dunia 3 Pecah, Apalagi Jika Rusia dan Turki Ikut Campur

Mentari DP - Kamis, 01 Oktober 2020 | 19:35
Perang antara Armenia dan Azerbaijan.
Tangkapan layar Youtube Sky News

Perang antara Armenia dan Azerbaijan.

Sosok.ID – Perang antara Armenia dan Azerbaijan tiba membuat seluruh dunia khawatir.

Walau mereka berasal dari Negara kecil, tak seperti Iran vs Amerika Serikat (AS), Korea Utara vs AS, atau AS vs China, perang itu tetap mengkhawatirkan.

Namun memasuki kuartal keempat tahun 2020, justru terjadi perang antara pasukan Armenia dan Azerbaijan di sekitar wilayah Nagorno-Karabakh yang diperebutkan di Kaukasus selatan.

Dilansir dari bbc.com pada Kamis (1/10/2020), dalam skala dan cakupan, pertempuran yang meletus pada hari Minggu lalu melampaui eskalasi berkala beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: Kejamnya Bukan Main, Militer Israel Kembali Hancurkan Puluhan Rumah Warga Palestina di Tepi Barat, Serbu Wilayah Itu Ketika Warga Masih Tidur Nyenyak

Sebab perang itu melibatkan artileri berat (alat berat apapun yang menembakkan proyektil di medan perang) seperti tank, rudal, dan drone.

Sejauh ini ada lebih dari 100 kematian yang dikonfirmasi. Mereka adalah warga sipil dan tentara Armenia.

Sementara Azerbaijan tidak merilis data tentang kerugian militernya, tetapi dapat diasumsikan jumlahnya kurang lebih sama.

Disebutkan bahwa pertempuran tersebut tampaknya didorong oleh upaya pasukan Azerbaijan untuk merebut kembali sebagian wilayah yang diduduki oleh pasukan Armenia dalam perang Karabakh setelah Uni Soviet runtuh.

Halaman selanjutnya…

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest