Pasukan Darat Korea Utara Punya 6.000 Tank hingga 15.000 Artileri, Namun Benarkah Itu Militer yang Kembung, Terbelakang, dan Lumpuh?

Tentara Korea Utara National Interest
Tentara Korea Utara

Sosok.ID - Tentara DPRK terdiri dari 1,2-1,3 juta personel aktif dengan sekitar 6 juta lebih cadangan, 6.000 tank, hingga 15.000 artileri dan banyak lagi.

Namun, ini adalah kekuatan militer yang sangat tua dan terbelakang.

Secara mengejutkan, anggaran pertahanan Korea Utara menempati 23% dari PDB-nya.

Ini merupakan proporsi tertinggi dari negara abad ke-21 mana pun.

Baca Juga: Bikin Penasaran! Kim Jong-un Dikenal Terapkan Aturan Ketat Berpakaian untuk Rakyatnya, Seperti Apa Gaya Berbusana Sang Istri?

Pengeluaran militer besar-besaran DPRK telah digunakan, sebagian besar, untuk mempertahankan tentara tetap terbesar keempat di dunia.

Ada sedikit pertanyaan bahwa kekuatan darat Korea Utara yang luar biasa akan, dan akan menjadi, tulang punggung dari kemampuannya untuk melakukan perang konvensional di Semenanjung Korea.

Pada tahun-tahun setelah Perang Korea, Tentara Rakyat Korea (KPA) Korea Utara jauh lebih kecil, tetapi memiliki perlengkapan yang lebih baik dan secara eksponensial lebih dimodernisasi daripada tentara di selatan.

Peran-peran ini telah berubah dalam beberapa dekade stagnasi militer Korea Utara dan pengabaian ekonomi yang menyertai jatuhnya sang dermawan Soviet.

Halaman selanjutnya...

Video Pilihan

POPULAR

TAG POPULAR