Follow Us

Dulu Bantai 1,5 Juta Warganya, Kini Kompori Azerbaijan untuk Rebut Wilayahnya, Inilah Musuh Sebenarnya Armenia, Terus Jadi Mimpi Buruk

Maymunah Nasution - Rabu, 30 September 2020 | 11:35
Armenia dan Azerbaijan kerahkan artileri berat di pertempuran terbaru
arabnews

Armenia dan Azerbaijan kerahkan artileri berat di pertempuran terbaru

Sosok.ID - Situasi dunia memanas, dua negara Eropa Timur Azerbaijan dan Armenia kembali bersitegang.

Mengutip Kontan.co.id Selasa kemarin diketahui jet tempur F-16 Turki menembak jatuh Sukhoi Su-25 Armenia dari wilayah Azerbaijan.

Jet tempur Turki, saat berada di dalam wilayah udara Azerbaijan, memberikan dukungan untuk pasukan Azerbaijan di darat yang mengirimkan serangan terhadap Kota Vardenis di Armenia.

Baca Juga: Indonesia Dianggap Tak Ubahnya China Saat Diusik Mengenai Pelanggaran HAM di Xinjiang Ketika Disentil Vanuatu, Amnesty: Sungguh Tidak Ada Elegannya Sama Sekali

"Sekitar pukul 10:30 pada Selasa (29/9), pesawat tempur F-16 Turki lepas landas dari pangkalan udara di Ganja untuk memberikan dukungan bagi serangan pasukan Azerbaijani terhadap Kota Vardenis dan Desa Mets Masrik dan Sotk," kata Kementerian Pertahanan Armenia dalam siaran pers seperti dikutip kantor berita TASS.

"Sebuah F-16 Turki menembak jatuh sebuah Sukhoi Su-25 dari Angkatan Udara Armenia yang sedang dalam misi tempur. Pesawat tempur Turki itu berada 60 kilometer di dalam ruang udara Azerbaijan pada ketinggian 8.200 meter," ujar Kementerian Pertahanan Armenia.

Menurut pejabat Pemerintah Armenia, pilot jet tempur Sukhoi Su-25 yang jatuh itu tewas.

Tapi, Kementerian Pertahanan Azerbaijan membantah jet tempur Turki telah menembak jatuh pesawat tempur Armenia.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan pada Senin (28/9), negaranya siap untuk mendukung Azerbaijan, baik di meja perundingan maupun di medan perang.

Halaman Selanjutnya

Source : Kompas.com, Kontan.co.id

Editor : Intisari Online

Latest