Follow Us

Jalankan Misi Rahasia Mata-mata Aktivitas Militer China di Laut China Selatan, Agen CIA Ini Justru Tak Pernah Kembali dan Ditemukan Tenggelam, Apakah Ini Ulah China?

Tatik Ariyani - Rabu, 23 September 2020 | 17:35
Stephen Stanek, salah satu agen Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (AS) yang ditugaskan dalam misi rahasia melacak militer China.
Yahoo News via The Sun

Stephen Stanek, salah satu agen Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (AS) yang ditugaskan dalam misi rahasia melacak militer China.

Sosok.ID - Misi agen rahasia memang tak mudah. Bahkan, tak jarang mereka harus mengorbankan nyawa untuk menjalankan misi.

Seperti kisah agen CIA berikut ini.

Empat agen Badan Intelijen Pusat AS ( CIA) dilaporkan tenggelam dalam misi rahasia melacak pergerakan militer China di Laut China Selatan.

Keempatnya disebut terkena badai tropis di Luzon, pulau di Filipina, saat berusaha memasang pelacak yang berbentuk seperti batu.

Baca Juga: 200 Tahun Lebih Tak Pernah Ikut-ikut Perang, Negara Ini Tiba-tiba Ingin 'Hamburkan' Rp 97 Triliun untuk Beli Pesawat Tempur Canggih, Ada Apa?

Laut China Selatan merupakan salah satu jalur perdagangan dunia, dan menjadi sumber kontestasi China dengan sejumlah negara di Asia Tenggara.

Misi pada 2008 itu terjadi lima tahun sebelum Beijing membangun pulau buatan berfungsi sebagai pos pengamatan, membuat tensi dengan AS memanas.

Dilaporkan Yahoo News, dua agen CIA yang menjadi penanggung jawab adalah Stephen Stanek dan Michael Perich, di mana mereka berlatih sebagai penyelam.

Stanek yang menjadi pemimpin merupakan bagian dari pusat aktivitas paramiliter, dan pernah menjadi penyelam limbah angkatan laut.

Halaman selanjutnya...

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest