Follow Us

Kalau NATO Menyebutnya Blackjack, Nyatanya 'Angsa Putih' Milik Rusia Ini Bisa Angkut Rudal dan Tembakkan Dari Jarak yang Jauh, Mari Lihat Manuvernya

Maymunah Nasution - Senin, 21 September 2020 | 19:35
tu-160 blackjack
Google

tu-160 blackjack

Sosok.ID - Alutsista Rusia baru saja memecahkan rekor dunia.

Pembom supersonik Rusia Tu-160 memecahkan rekor dunia untuk penerbangan non-stop terlama jenis pesawat serupa.

Hal ini disampaikan oleh Komandan Penerbangan Jarak Jauh Angkatan Udara Rusia Letnan Jenderal Sergey Kobylash.

Baca Juga: Setelah Merdeka dari Indonesia, Presiden Timor Leste Ternyata Pernah Kunjungi Israel Untuk Minta Bantuan Hal Ini, Israel: 'Apapun yang Kami Bisa Bantu Untuk Anda'

"Dua pembom Penerbangan Jarak Jauh telah menetapkan rekor baru untuk jarak dan durasi pada pembom supersonik pembawa rudal strategis Tu-160," kata Kobylash kepada wartawan, Sabtu (19/9) seperti dikutip kantor berita TASS.

"Pilot Angkatan Udara Rusia berada di udara selama lebih dari 25 jam, menempuh jarak lebih dari 20.000 kilometer," ujar dia yang menambahkan, tidak ada yang menerbangkan pesawat jenis ini lebih lama sebelumnya.

Rekor sebelumnya terukir pada 2010 oleh bomber Tu-160 yang mengudara selama 24 jam 24 menit.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, dua Tu-160, yang berjulukan Angsa Putih, terbang di atas perairan netral di bagian tengah Samudra Arktik dan Pasifik serta Laut Kara, Laptev, Siberia Timur, Chukchi, dan Barents.

Para pembom pembawa misil tersebut lepas landas dan mendarat di Lapangan Terbang Engels. Komandan kru masing-masing bomber Tu-160 adalah Mayor Jenderal Oleg Pchela dan Letnan Kolonel Sergei Volkovitsky.

Halaman Selanjutnya

Source : Kontan.co.id

Editor : Intisari Online

Latest