Follow Us

Pantas China Ogah Tinggalkan Laut China Selatan Meski Dikecam Seluruh Dunia, Amerika Saja Dijamin Kelabakan Jika Lawan China Langsung di Laut China Selatan, Ini Penjelasannya

Muflika Nur Fuaddah - Sabtu, 19 September 2020 | 19:35
Xi Jinping
The Independent

Xi Jinping

Sosok.ID - Sebuah laporan baru dari Departemen Pertahanan AS mengklaim bahwa Angkatan Laut China, yang secara resmi dikenal sebagai Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN), adalah yang terbesar di dunia.

Menurut Pentagon, PLAN memiliki 350 kapal angkatan perang, dibandingkan dengan 293 kapal Angkatan Laut AS.

Sementara Angkatan Laut AS jauh lebih besar dalam tonase, keuntungan itu dapat terhapus mengingat jadwal pembuatan kapal China yang cepat.

Dilansir dari Popular Mechanics, Kamis (3/9), selama tiga dekade terakhir, militer China telah menikmati pertumbuhan belanja pertahanan dua digit.

Baca Juga: Sampai Disorot Media Inggris Aksi Nyelonong China di Wilayah Laut Indonesia, Terungkap Ini Alasan China Percaya Diri Klaim Wilayah Natuna Adalah Miliknya

Kebangkitan ekonomi Tiongkok telah memungkinkan negara tersebut membelanjakan lebih banyak untuk angkatan bersenjatanya tanpa menghabiskan sebagian besar dari produk domestik bruto.

Faktanya, anggaran pertahanan telah tumbuh sekitar enam kali lipat dalam enam dekade terakhir, dengan penekanan pada modernisasi pasukan tempur dan membangun kemampuan proyeksi kekuatan — khususnya Angkatan Laut China.

Pada akhir 1970-an, China adalah negara yang relatif miskin dan mengandalkan konsep "Perang Rakyat" untuk berperang.

Pasukan darat, termasuk Tentara Tiongkok dan gerilyawan, akan mengepung dan menghancurkan pasukan musuh dalam perang gesekan.

Halaman selanjutnya...

Editor : Intisari Online

Latest