Follow Us

Nekat Digunakan Untuk Perang Lawan Indonesia, Peneliti Ini Bongkar Senjata yang Digunakan Pasukan Pemberontak Timor Leste Ternyata Rakitan Sendiri, Padahal Dampakya Berbahaya

Afif Khoirul M - Jumat, 18 September 2020 | 21:35
Menyamar Jadi Gondrong Demi Mengecoh Fretlin di Timor Leste, Ini Kisah Penuh Tantangan Tentara Indonesia hingga Makan Korban Jiwa.
Surya.co.id

Menyamar Jadi Gondrong Demi Mengecoh Fretlin di Timor Leste, Ini Kisah Penuh Tantangan Tentara Indonesia hingga Makan Korban Jiwa.

Sosok.ID - Timor Leste secara resmi merdeka tahun 2002, setelah melakukan peralawanan sengit dengan Indonesia.

Salah satu fakta menarik dari pertempuran Indonesia dan Timor Leste adalah senjata yang digunakan oleh Milisi Fretilin.

Pada 2008, ketika 5 tahun Timor Leste merdeka, Jim Della-Giacoma adalah Associate Director di Pencegahan Konflik dan Forum Perdamaian di Dewan Riset Ilmu Sosial di New York City.

Membongkar fakta tentang senjata militer yang digunakan Timor Leste, dalam dokumen yang diterbitkan di archive.lowyinstitute.org.

Baca Juga: Sampai Merasa Dirinya Cacat Mental, Hubungan Badan 5 Kali Sehari Rupanya Masih Kurang Bagi Janda Tiga Wanita Ini, Sulit Mencari Pasangan Baru yang Bisa Puaskan Dirinya

Secara retoris, 'berapa banyak senjata yang ada di Timor-Leste?'

Menurut dokumen tahun 2008 itu, memang ada lebih sedikit senjata di Timor-Leste.

Pada Hari PBB (31 Oktober 2008) ada beberapa upacara rumit di dalam dan sekitar Dili sebagai puncak dari Operasi Kilat.

Beberapa ribu senjata tradisional atau buatan tangan, yang dikenal secara lokal adalah rakitan , di steamrolled, hancur bersama ribuan butir amunisi bertenaga tinggi.

Halaman Selanjutnya..................

Source : Intisari Online

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest