Follow Us

Akal Bulus Tiongkok Terkuak, Rupanya Xi Jinping Sendiri Adalah Perencana Upaya China Tembus Perbatasan Dengan India, Bermanis-manis Dengan Narendra Modi Hanya di Muka Saja

Maymunah Nasution - Kamis, 17 September 2020 | 15:35
Xi Jinping dan pengaruhnya untuk membangun proyek ambisius Road and Belt.
Xinhua

Xi Jinping dan pengaruhnya untuk membangun proyek ambisius Road and Belt.

Sosok.ID - Presiden China Xi Jinping disebut merupakan "arsitek" atas upaya negaranya menembus perbatasan dengan India di Ladakh.

Namun berdasarkan opini dari pengacara dan komentator Gordon G Chang, upaya itu gagal.

Membuat pamor Xi dalam mengintimidasi lawannya diyakini mulai berkurang.

Baca Juga: Sempat Sepakat Mulai Berdamai, China Malah Blak-blakan Kirim 10.000 Tentara ke Perbatasan, India Marah Besar Bongkar Borok China Khianati Perjanjian Ini

Dalam komentar yang ditulisnya di Newsweek, Chang menyebut Xi mempertaruhkan reputasinya melalui upaya tentara China menembus Garis Kontral Aktual (LAC).

Chang menyatakan, Xi Jinping merupakan "arsitek" langkah agresif itu, yang kemudian berakhir dengan usaha Beijing yang mengalami kegagalan.

Menurutnya, ketidakberhasilan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) menembus Ladakh bisa memberikan Xi peluang mengganti pucuk pimpinan militer dengan sekutunya.

Meski begitu, Chang menduga Presiden China berusia 67 tahun itu masih berambisi menembus posisi India yang berlokasi di Himaalaya.

Dua negara mengalami gesekan paling serius pada Juni lalu, ketika tentara mereka terlibat adu jotos dan juga diduga menggunakan pemukul.

Halaman Selanjutnya

Source : Kompas.com

Editor : Intisari Online

Latest