Tak Hanya Rumah Sakit, Kota di Indonesia Sekarang Sudah Dipenuhi Pasien Covid-19, Isolasi Mandiri Dinilai Tak Efektif Jika Kondisinya Terus-terusan Seperti Ini

Jenazah pasien Covid-19 dok. Kompas.com/Garry Lotulung
Jenazah pasien Covid-19

Sosok.ID - Jumlah pasien Covid-19 di Indonesia sudah mulai lebihi kapasitas yang bisa ditanggung total rumah sakit di Indonesia.

Bahkan, isolasi mandiri sepertinya sudah tidak memadai.

Mengutip Kompas.com, Bekasi terapkan isolasi mandiri bersama bagi pasien Covid-19 yang tidak memiliki tempat isolasi yang memadai.

Baca Juga: Kesurupan Saat Resepsi, Mempelai Wanita Nangis 'Gerong-gerong' Mengerang Kesakitan, Syarat Tradisi Bumbu-bumbu sebelum Nikah Diyakini Kurang

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menyebutkan pasien Covid-19 yang tidak memiliki tempat isolasi yang memadai akan dipindah ke Stadion Patriot.

Ia khawatir isolasi mandiri di tempat yang tidak memadai justru menimbulkan peningkatan klaster keluarga di lingkungan tempat tinggal pasien Covid-19 tersebut.

"Bukan tidak dianjurkan (isolasi mandiri), yang punya (tempat isolasi) dan representatif silahkan.

Kalau rumahnya kecil lalu menularnya dua atau tiga anggota klaster keluarga, ya kita pindahkan ke sini biar enak kalau di sini (stadion), bersih,” ujar Rahmat, Selasa (15/9/2020).

Namun jika pasien Covid-19 itu mempunyai rumah luas dan kebutuhannya bisa terjamin, dia mempersilahkan untuk isolasi mandiri.

Halaman Selanjutnya

Video Pilihan

POPULAR

TAG POPULAR