Follow Us

Dianggap Satu-Satunya Orang Indonesia yang Bisa Berhubungan dengan Israel, Sebelum Kematiannya Gus Dur Ungkap Alasan Mengejutkan Ia Menjalin Hubungan dengan Israel

Afif Khoirul M - Selasa, 15 September 2020 | 19:35
Gus Dur jadi tokoh yang dikagumi Israel
Instagram/wishnutama dan Pixabay

Gus Dur jadi tokoh yang dikagumi Israel

Sosok.ID - Kyai Haji Abdurahhman Wahid, atau kita kenal dengan Gus Dur adalah satu-satunya orang Indonesia yang bisa berhubungan sangat dekat dengan Israel.

Hal itu diungkapkan oleh C. Hollad Taylor, orang Amerika yang merupakan sahabat Gus Dur yang tinggal di Indonesia sejak 1999.

Dalam wawancara eklusifnya C. Hollad Taylor mengungkap banyak fakta kedetakan Gus Dur dengan Israel dan dimuat di media Israel, yaitu Israelnationalnews.

Dikatakan Gus Dur adalah satu-satunya Presiden Indonesia yang mengunjungi Israel beberapa kali.

Baca Juga: Miliki Hubungan dengan Israel Sampai Membuat Negeri Yahudi itu Keheranan, Media Israel Bongkar Kehebatan Gus Dur Bahkan Menggambarkannya dengan Kalimat Begini

Gus Dur menyadari dimensi budaya, sejarah, intelektual dan spiritual Yudaisme, serta hubungan dengan bahaya yang erat antara Yudaisme/Islam dan Ibrani/Arab.

Dia dianggap sebagai manusia yang memandang orang lain melalui cinta, kasih sayang, dan rasa hormat.

Itulah alasan mengapa Gus Dur pernah menyeponsori Konferensi Holocaust Bali 2007.

Dalam pernyataannya C. Holland Taylor mengungkapkan banyak hal termasuk pesan Gus Dur tentang Israel sebelum kematiannya.

Halaman Selanjutnya......................

Source : Intisari Online

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest