Follow Us

Rencanan China Gagal Total, Negara ASEAN Ini Ogah Turuti China Ditawari 33 Proyek Mengiurkan Hanya Mau Laksanakan 4, Sadar Diri Bisa Jatuh dalam Jebakan Utang China

Afif Khoirul M - Selasa, 08 September 2020 | 09:35
Xi Jinping dan pengaruhnya untuk membangun proyek ambisius Road and Belt.
Xinhua

Xi Jinping dan pengaruhnya untuk membangun proyek ambisius Road and Belt.

Sosok.ID - Sudah bukan rahasia lagi jika China memang memiliki agenda internasional yang disebut dengan Belt and Road Initiative (BRI).

Sebuah rencana untuk membangun jalur pedagangan di seluruh dunia, yang mentargetkan negara-negara kecil yang butuh utang dan investasi.

Negara-negara kecil didekati China kemudian ditawari investasi dan utang, trik ini disebut dengan diplomasi perangkap utang.

Tawaran investasinya pun menggiurkan, dan sangat menggoda bagi negara-negara yang sedang dalam pengembangan dan pembangunan infrastruktur mereka.

Baca Juga: Ketika Anak-anak Korea Utara Telah Dihasut oleh Kim Jong-Un, Disembah Bagai 'Tuhan' dan Dianggap Keturunan Dewa, 'Hanya Boleh Memuja Pemimpin Tertinggi Saja'

Dikatakan mereka akan disokong dana ole China dengan jumlah yang tak masuk akal.

Ketika negara tersebut sudah masuk ke dalam jebakan utang China, dan tak sanggup membayarnya China lalu mengambil alih proyek tersebut.

Salah satu yang sudah jatuh menjadi korbannya adalah Sri Lanka, negara tersebut dipaksa menyerahkan proyek pelabuhan Hambantota, untuk disewa China.

Sementara itu, untuk muluskan pembangunan Belt Anda Road Initiative (BRI), ada sebuah negara di ASEAN yang kini sedang diincar China.

Baca Selengkapnya

Source : Intisari Online

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest