Follow Us

Pusing Tujuh Keliling, Dulu Jepang Ingin Kuasai Asia, Kini Setelah China Jadi 'OKB' Ingin Ulang Sejarah Mengerikan yang Sebabkan Perang Dunia II

Maymunah Nasution - Senin, 07 September 2020 | 09:35
Militer India sukses buat tentara China lari kocar-kacir.
intisari.grid.id

Militer India sukses buat tentara China lari kocar-kacir.

Sosok.ID - China kian aktif menyerang negara tetangganya, Jepang.

Mengutip National Interest, China dilaporkan mengirimkan kapal-kapal mereka ke pulau Senkaku/Diaoyu sejak 14 April sampai 3 Agustus lalu.

Total 111 hari Beijing menekan Tokyo dengan mengirim kapal-kapal tersebut.

Baca Juga: Dapat Dukungan AS, 45 Tahun Lalu Soeharto Lancarkan Invansi ke Timor Leste, Ternyata Ketakutan akan Hal Ini yang Jadi Alasannya

Tekanan tersebut hanya berhenti karena adanya angin topan Hagupit yang mendekat ke wilayah tersebut.

Pulau Senkaku di Laut China Timur diklaim oleh China dan Taiwan bahkan walaupun Beijing terus-terusan menantang Washington di Laut China Selatan, Taipei di Selat Taiwan dan New Delhi di Lembah Galwan.

Jika dilihat secara garis besar, aksi China keseluruhan ini persis seperti yang dilakukan Jepang dalam Restorasi Meiji (1868 - 1912) di bawah komando Kaisar Hirohito.

Di abad ke-19, Jepang dan China sama-sama lemah secara politik dan memiliki ekonomi terbelakang sehingga tidak bisa mengharap investasi dari Barat.

China tidak berubah sampai pertengahan abad ke-20, tapi Jepang langsung membuka tirai negara mereka dan melakukan modernisasi sebelum tahun 1900.

Halaman Selanjutnya

Source : national interest

Editor : Intisari Online

Latest