Follow Us

Kekuatan Militernya Jauh Lebih Lemah Ketimbang Indonesia, Nyatanya Negara Kecil di ASEAN ini Punya Nyali Paling Besar, Berani Tantang China di Laut China Selatan

Muflika Nur Fuaddah - Jumat, 04 September 2020 | 11:35
Xi Jinping
The Independent

Xi Jinping

Sosok.ID - China sudah berkali-kali menunjukkan arogansi di Laut China Selatan dan menunjukkan hegemoni atas 10 negara-negara anggota ASEAN, termasuk Indonesia.

Terbaru adalah China menurunkan kapal survei di perairan yang diklaim Malaysia, tidak jauh dari kapal pengeboran West Capella, yang disewa perusahaan minyak Malaysia, Petronas, untuk mensurvei minyak di Laut China Selatan.

Dan setelah West Capella menyelesaikan aktivitasnya pekan lalu, kapal perang AS USS Gabrielle Giffords meninggalkan pangkalannya di Singapura untuk berlayar melewatinya.

Ini adalah ketiga kalinya dalam beberapa pekan terakhir bahwa Amerika Serikat telah melakukan "operasi kehadiran" di perairan yang kaya sumber daya, yang telah menjadi lokasi ketegangan baru antara China dan negara-negara tetangganya di Asia Tenggara terkait eksplorasi minyak dan kegiatan penangkapan ikan.

Baca Juga: Percepat Strategi Sirkulasi Ganda, Ekonomi China diramal Bakal Melampaui AS pada 2032!

China mengklaim bagian besar Laut China Selatan yang membentang kira-kira 1.000 mil dari pantai selatannya. Mereka telah menggunakan kapal survei pemerintah Tiongkok, kapal penjaga pantai dan kapal nelayan milisi untuk mempertahankan kehadiran di sana.

Meski China mengatakan kapal-kapal itu melakukan kegiatan normal, Amerika menuduh Tiongkok melakukan "taktik intimidasi".

Pada tahun 2018, Vietnam - yang memiliki klaim teritorial dalam laut yang disengketakan bersama dengan Malaysia, Brunei dan Filipina - menunda proyek pengeboran minyak oleh perusahaan Spanyol Repsol, dilaporkan karena tekanan China.

Di antara negara-negara ASEAN, Vietnam paling vokal menentang arogansi China.

Halaman selanjutnya...

Editor : Intisari Online

Latest