Follow Us

Sudah Siap Siaga untuk Perang Akhir Zaman, Temui Keganasan Pembom Nuklir Q-5 China yang Pada Awal 1970-an Mengalami Modifikasi Ini

Muflika Nur Fuaddah - Jumat, 28 Agustus 2020 | 15:35
Pembom Nuklir Q-5 China Siap untuk Perang Akhir Zaman
Wikipedia

Pembom Nuklir Q-5 China Siap untuk Perang Akhir Zaman

Sosok.ID - Seandainya China berperang dengan Amerika atau Uni Soviet selama Perang Dingin atau setelahnya, salah satu senjata utamanya — dan yang akan menjatuhkan senjata nuklir — adalah pembom Nanchang Q-5.

Seperti kebanyakan pesawat blok Komunis, nama kode NATO-nya tidak menarik ("Fantan").

Para leluhurnya juga kurang beruntung: Q-5 dan sepupunya, pesawat tempur J-6, didasarkan pada MiG-19 Soviet (nama kode NATO "Farmer"), yang persyaratan pemeliharaan intensif dan karakteristik penanganan yang sulit terbukti tidak populer dengan Soviet dan banyak sekutunya, seperti Vietnam Utara. Namun anehnya, China ternyata cukup menyukai MiG-19.

Itulah mengapa angkatan udara China beralih ke negara itu ketika mereka membutuhkan pesawat serang darat baru.

Baca Juga: Australia Dijamin Rugi Besar Jika Perpanjang 'Perang Dagang' dan Bertindak Ala Bandit Dengan China, Lihat Saja Angka-angka Keuntungan yang Diraup Australia dari China Ini

Q-5 (dan versi ekspornya, A-5) lahir pada tahun 1955, setelah Komunis Tiongkok merebut Pulau Yijangshan dari Taiwan, di mana Komunis dapat menikmati dukungan udara sekali dari baling-baling Il-10 buatan Soviet, pesawat serang yang digerakkan, menurut penulis Yefim Gordon dan Dimitry Komissarov dalam "Pesawat Cina: Industri Penerbangan Cina sejak 1951".

Mengingat bahwa kekuatan militer paling maju telah beralih dari alat peraga ke jet pada pertengahan 1950-an, tidak mengherankan bahwa pada tahun 1958, Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat menginginkan jet penyerang supersonik.

"Para insinyur di Nanchang percaya peran pesawat masa depan adalah CAS (dukungan udara dekat)," tulis Gordon dan Komissarov.

"Untuk tujuan ini, pembom tempur membutuhkan kinerja ketinggian rendah yang baik dan banyak daya tembak, serta beberapa potensi sebagai petarung udara untuk pertahanan diri, kinerja lapangan yang baik, serta jangkauan dan daya tahan yang memadai."

Halaman selanjutnya...

Editor : Intisari Online

Latest