Follow Us

Saat Dunia Perhatikan Laut China Selatan, Tiongkok Diam-diam Juga Bangun Armada di Laut China Timur: Simulasi Perang Ini Gambarkan 'Bencana Timbal Balik' yang akan Terjadi, Bisa Jadi Perang Dunia 3

Maymunah Nasution - Senin, 10 Agustus 2020 | 15:35
Xi Jinping Ingin Militer China Jadi Tentara Kelas Dunia
Xinhua

Xi Jinping Ingin Militer China Jadi Tentara Kelas Dunia

Sosok.ID - Sejenak, mari bayangkan hal ini.

Tahun 2030, tentara China berhasil merebut sebuah pulau milik Jepang di Laut China Timur.

Jepang pun mengirim gugus tugas amfibi untuk mengambil alih pulau tersebut, kemudian armada perang AS datang untuk membantu Jepang sembari menghindari peperangan dengan armada perang China.

Baca Juga: Amerika Serikat Disebut Hanya akan Melihat Kematiannya Sendiri dalam Buku Sejarah Jika Mengabaikan Kebangkitan China yang Kian Mengerikan

Bisakah itu terjadi?

Menurut pakar simulasi perang Center for a New American Security (CNAS) di Washington, hal tersebut sangat tidak mungkin.

Sangat tidak mungkin bagi militer AS terlibat tanpa tentara AS dan China saling menembaki satu sama lain.

Simulasi perang tersebut diberi judul "A Deadly Game: East China Sea Crisis 2030" yang dilaksanakan pada 20 Juli kemarin melalui konferensi online via Zoom, dengan staff CNAS tunjukkan pilihan kepada partisipan publik yang nantinya akan memilih strategi mana dari strategi China dan AS/Jepang yang paling efisien dan bisa memenangkan pertarungan itu.

Susanna Blume, direktur pertahanan CNAS, mengatakan jika "risikonya tinggi" kepada 400 penonton simulasi tersebut yang sebagian besar berasal dari AS, Kanada dan Inggris.

Halaman Selanjutnya

Source : Foreign Policy

Editor : Intisari Online

Latest