Follow Us

Situasi Dunia Sedang Sangat Genting, Sengketa Laut China Selatan, Pandemi Covid-19 dan Ledakan di Lebanon Belum Usai, Tiba-tiba Pangkalan Militer Somalia Juga Diledakkan Begitu Saja

Maymunah Nasution - Minggu, 09 Agustus 2020 | 07:35
Ambulans yang melaju kencang saat ledakan di Mogadishu, Somalia
BBC

Ambulans yang melaju kencang saat ledakan di Mogadishu, Somalia

Sosok.ID - Ngeri dan menakutkan mungkin adalah dua kata yang tepat menggambarkan tahun 2020 ini.

Dimulai dari serangan AS kepada Iran yang tewaskan Jenderal Qasem Soleimani dan hampir sebabkan dua negara bersitegang.

Selanjutnya heboh sengketa Laut China Selatan yang diklaim secara agresif oleh China dengan berbagai teknologi militer mereka yang canggih dan hampir membuat ASEAN terpecah belah.

Baca Juga: Diklaim Pegang Rahasia Putra Mahkota Arab Saudi, Mantan Mata-mata Ini Dikejar 50 Pembunuh Bayaran Sang Pangeran, Tak Tanggung Dibuntuti Sampai ke Kanada!

Kemudian, virus Corona menyerang hampir seluruh dunia dan membuat aktivitas semua orang terhenti, perekonomian macet, ekonomi tidak tumbuh dan kekacauan di mana-mana.

Belum selesai di situ, kekacauan muncul saat India, China dan Pakistan berebut wilayah perbatasan Lembah Galwan sampai Kashmir dan terlibat baku hantam yang menewaskan 15 tentara India.

Minggu ini muncul lagi kabar duka dari Lebanon, negara yang mengalami kekacauan politik akibat korupsi berpuluh-puluh tahun, luluhlantak akibat ledakan amonium nitrat di pelabuhan Beirut.

Timur Tengah memang sudah lama terlibat dalam kekacauan yang sulit untuk diurai dan diselesaikan dengan damai.

Demikian juga dengan negara-negara di benua Afrika, salah satunya adalah Somalia.

Halaman Selanjutnya

Source : Kompas.com

Editor : Intisari Online

Latest