Koar-koar Tuding China Penyebab Covid-19, AS Dibuat Diam Tanpa Kata Setelah Kemenlu Tiongkok Masalahkan Bio Militer AS di Luar Negeri yang Dicurigai Penyebar Covid-19

Ilustrasi virus Corona atau Covid-19 FREEPIK_KJPARGETER
Ilustrasi virus Corona atau Covid-19

Sosok.ID - Selama ini Amerika Serikat (AS) di bawah administrasi Donald Trump menuding China 'pembuat' virus Corona yang menjadi pandemi di tahun 2020 ini.

Namun berkat laporan media Korea Selatan terkait penempatan militer AS di negara tersebut, China tidak bisa diam diri lagi.

Mengutip kontan.co.id, Kementerian Luar Negeri China mendesak AS jelaskan kegiatan bio militer mereka di luar negeri.

Baca Juga: 12 Bulan Pisah dan Tak Saling Komunikasi, Istri ABK Kapal Cina Ini Kirim Surat pada Presiden Jokowi, Ungkap Keluhan Suami dan Rekannya Bekerja dengan Orang Asing

Hal tersebut mengacu hukum tak tertulis Konvensi Senjata Biologis (BWC) di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Amerika Serikat harus mengatasi keprihatinan internasional, memegang sikap transparan dan bertanggungjawab, dan menjelaskan kegiatan militernya di seluruh dunia," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin, Selasa (4/8), seperti dikutip Global Times.

Penempatan militer AS di Korea Selatan memicu protes lokal yang menuntut penutupan laboratorium militer dan pangkalan militer AS.

Wang mengatakan, militer AS melakukan kegiatan bio militer di banyak negara, dan telah memicu kecurigaan yang tersebar luas.

Sebab, "Apa yang mereka lakukan tidak transparan, berbahaya, dan tidak masuk akal," ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Video Pilihan

POPULAR

TAG POPULAR