Follow Us

Ketegangan Semakin Memuncak! AS Kirim Jet Tempur Mendekati Shanghai Lantaran Kantor Konsulatnya Ditutup Oleh Pemerintah China

Muflika Nur Fuaddah - Jumat, 31 Juli 2020 | 09:35
Poseidon US Navy
Rosoboronexport

Poseidon US Navy

Intisari-Online.com - Pesawat anti-kapal selam datang dalam jarak 100 km dari kota di sekitar bibir pantai China.

Pesawat-pesawat tempur AS kembali mendekati daratan Cina, termasuk yang datang kurang dari 100 km dari Shanghai, karena ketegangan antara kedua negara terus meningkat dengan penutupan konsulat.

Sebuah pesawat anti-kapal selam P-8A dan pesawat pengintaian EP-3E memasuki Selat Taiwan, terbang di dekat pantai Zhejiang dan Fujian pada hari Minggu (26/7/2020).

Hal tersebut diungkap oleh Prakarsa Penelusuran Situasi Strategis Laut China Selatan, di sebuah Universitas di Peking, China.

Baca Juga: Viral ‘Gilang Bungkus’ di Media Sosial, Apa Sebenarnya yang Dimaksud dengan Fetish?

Dalam unggahan pertama tentang operasi militer AS pada hari Minggu tersebut, pengunggah menuliskan bahwa pesawat pengintai tersebut terbang di sekitar wilayah dekat Fujian dan bagian Selatan Selat Taiwan.

Bahkan jet tempur berbendera Amerika Serikat tersebut diketahui mengudara beberapa kali di wilayah tersebut.

Lembaga think tank tweet lagi di malam hari, mengatakan Angkatan Laut AS P-8A beroperasi di dekat Shanghai, dengan USS Rafael Peralta, perusak rudal yang dipandu, mengikuti rute yang sama, bertanya "mungkin operasi bersama?".

Menurut sebuah grafik dari think tank, P-8A datang dalam jarak 76,5 km (47,5 mil) dari Shanghai, yang terdekat dari pesawat AS yang datang ke daratan Cina dalam beberapa tahun terakhir, sementara pesawat lain datang dalam jarak 106 km dari pantai selatan Fujian.

Halaman selanjutnya...

Editor : Intisari Online

Latest