Follow Us

Amerika Makin Semangat 'Ngomporin', Australia Malah Melempem saat Militernya Diminta Lakukan Startegi Agresif Ini untuk Hadapi Tiongkok di Laut China Selatan

Ade S - Kamis, 30 Juli 2020 | 09:35
ILUSTRASI. Kapal induk AS dan Australia di Laut China Selatan.
Australia Department Of Defence/via Kontan

ILUSTRASI. Kapal induk AS dan Australia di Laut China Selatan.

Sosok.ID - Saat Amerika Serikat begitu bersemangat karena merasa mendapat teman, Australia malah terlihat hati-hati dalam menanggapi Tiongkok di Laut China Selatan.

Padahal, AS sudah begitu semringah saat mengetahui bahwa sekutunya tersebut berani menentang aksi invasif Tiongkok di LCS.

Sementara China sendiri menuduh AS kini akan terus-menerus 'mengompor-ngompori' Australia.

Sebuah kondisi yang diklaim China akan semakin memperkeruh suasana di kawasan sengketa tersebut.

Baca Juga: Tak Disangka, Indonesia Pernah Nyaris Menyulut Perang Dunia III Berawal dari Amukan Presiden Soekarno Pada Negeri Jiran, Malaysia Sampai Minta Bantuan Inggris, Australia dan Selandia Baru

Sikap Australia mengemuka menjelang berlangsungnya pembicaraan tingkat tinggi di Washington antara Menlu Marise Paine dan mitranya Menlu Amerika Serikat, Mike Pompeo.

Menlu Marise Payne bersama Menteri Pertahanan Linda Reynolds terbang ke Amerika Serikat awal minggu ini untuk menghadiri pembicaraan tahunan AUSMIN.

Pembahasan dalam forum kali ini terfokus pada China dan bahkan kedua negara mengutuk tindakan keras Beijing terhadap Hong Kong.

Australia dan AS juga berjanji untuk bekerjasama melawan kampanye disinformasi yang disponsori China.

Halaman selanjutnya...

Source : Intisari.grid.id

Editor : Ade S

Latest