Follow Us

Lembah Galwan Hanya Jadi Angin Lalu, India dan China Makin Tegang Perkara Pasokan Minyak dari Negara Kaya Minyak Ini, Lihat Cara Licik China Hancurkan Perjanjian India

Maymunah Nasution - Senin, 27 Juli 2020 | 08:35
Xi Jinping dan Narendra Modi
South China Morning Post

Xi Jinping dan Narendra Modi

Sosok.ID - India dan China terpaksa menghentikan kekerasan yang terjadi di Lembah Galwan seiring dengan masalah baru muncul bagi mereka.

Mengutip South China Morning Post, New Delhi harus menghadapi masalah baru dari Beijing, di suatu tempat sejauh 1.000 km dari wilayah India.

Masalah itu muncul di Iran, ketika kedua negara dengan jumlah populasi terbesar di dunia ini saling rebutan untuk mendapatkan pasokan minyak murah dari Iran.

Baca Juga: Cosplay Jadi Tentara Lengkap dengan Alutsistanya, Geng Narkoba Paling Berbahaya Buronan Amerika Ini Tantang Perang Pasukan Militer Negara

Sebelumnya jangan lupakan ketegangan Lembah Galwan, Ladakh, pada 15 Juni kemarin yang telah sebabkan 20 tentara India meninggal dunia.

Kemudian kondisi sudah cukup damai karena awal bulan ini penasihat keamanan nasional India Ajit Doval dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi setuju menarik pasukan dari Lembah Galwan.

Sembari ketegangan sudah cukup reda, ternyata masih ada sumber prahara untuk kedua negara itu.

Beijing memiliki rencana untuk kucurkan dana 400 Milyar Dolar AS (Rp 5.821.676.000.000.000,00) untuk investasi infrastruktur di Iran sebagai bagian dari kerjasama ekonomi dan keamanan untuk 25 tahun mendatang.

Halaman Selanjutnya

Editor : Sosok

Latest