Follow Us

Wuhan bak Kota Hantu, China Menangis Tragis Ratapi 'Akhir Dunia'

Rifka Amalia - Jumat, 24 Januari 2020 | 16:05
Petugas medis harus menutup diri demi pencegahan penularan virus corona
scmp.com

Petugas medis harus menutup diri demi pencegahan penularan virus corona

Sosok.ID - China menyegel jutaan lebih orang di dekat episentrum wabah virus pada hari Jumat (24/1/2020).

Untuk kali pertama, China menutup transportasi umum di delapan kota dalam upaya karantina yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pada Kamis pagi, dilaporkan jumlah korban meninggal adalah 17 orang, sedangkan pada Jumat pagi, kematian akibat virus corona naik menjadi 25 orang.

Sementara World Health Organization menunda menyatakan darurat global, meskipun kasus lain di lebih dari 6 negara telah di konfirmasi.

Baca Juga: Geram Dengan Tingkah Sopir Bus, Seorang Wanita Paruh Baya Nekat Ambil Alih Kemudi Demi Tolong Seorang Penumpang yang Sedang Berduka

China memperluas penutupan hingga mencakup sekitar 26 juta orang dan membatalkan beberapa perayaan Tahun Baru Imlek untuk mencegah penyebaran penyakit virus corona lebih lanjut.

Virus yang muncul di pusat kota Wuhan merenggut delapan nyawa lagi, kata pemerintah dalam pembaruan terbarunya.

Kasus yang sebelumnya menjangkit lebih dari 570 orang, kini melonjak menjadi 830.

Ilmuwan Hong Kong dan Inggris memperkirakan antara 1.300 dan 1.700 orang di kota itu mungkin telah terinfeksi virus corona.

Baca Juga: Mundur dari Dunia Hiburan dan Nekat Nikahi Pria 13 Tahun Lebih Tua, Artis Ini Sempat Cerai dan Menjanda Selama 4 Tahun Sebelum Akhirnya Kembali Rujuk dengan Mantan

Virus baru ini menimbulkan kekhawatiran karena kemiripannya dengan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome), yang menewaskan ratusan orang di seluruh daratan China dan Hong Kong pada 2002-2003.

Dikutip dari AFP.com, WHO mengatakan China dalam keadaan darurat, tetapi berhenti membuat deklarasi yang akan mendorong kerja sama internasional yang lebih besar, termasuk kemungkinan pembatasan perdagangan dan perjalanan.

Source : Afp.com

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest