Niat Puasa Sunnah Nisfu Sya'ban dan Pandangan UAS Soal Dalilnya

Selasa, 07 Maret 2023 | 18:57
Pixabay

Inilah tata cara dan niat puasa sunnah Nisfu Sya'ban. Ustaz Abdul Somad jelaskan soal dalil yang daif.

Sosok.ID - Sambut Nisfu Sya'ban 2023, inilah tata cara dan niat puasa sunnah Nisfu Sya'ban.

Mengutip Kompas.com, pengamatan hilal yang dilakukan oleh Balai Rukyat NU menyatakan bahwa malam Nisfu Sya'ban 2023 jatuh pada Selasa (7/3/2023) dam Rabu (8/3/2023).

Pada saat Nisfu Sya'ban, umat Muslim sebaiknya melakukan ibadah sebanyak-banyaknya. Sebab di bulan Sya'ban Allah SWT menurunkan banyak keberkahan.

Beberapa ibadah yang bisa dilakukan umat Muslim di saat Nisfu Sya'ban antara lain salat taubat, salat tasbih, maupun berpuasa sunnah Nisfu Sya'ban.

Dikutip dari NU Jabar, Syekh Nawawi dalam kitab Nihayatuz Zain fi Irsyadil Mubtadi-in menyampaikan bahwa mereka yang berpuasa di bulan Sya'ban, akan mendapat syafaat Rasulullah SAW di hari kiamat.

وَالثَّانِي عَشَرَ صَوْمُ شَعْبَانَ، لِحُبِّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صِيَامَهُ. فَمَنْ صَامَهُ نَالَ شَفَاعَتَهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya, “Puasa sunnah yang keduabelas adalah Puasa Sya’ban, karena kecintaan Rasulullah saw terhadapnya. Karenanya, siapa saja yang memuasainya, maka ia akan mendapatkan syafaat belau di hari kiamat.” (Muhammad bin Umar Nawawi al-Jawi, Nihâyatuz Zain fi Irsyâdil Mubtadi-în, [Bairut, Dârul Fikr], h. 197).

Niat Puasa Nisfu Sya'ban

Berikut merupakan niat puasa sunnah Nisfu Sya'ban

نَوَيْتُ صَوْمَ شَعْبَانَ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma sya’bâna lilâhi ta’âlâ.

Artinya, “Saya niat puasa Sya’ban karena Allah ta’âlâ.

Tata Cara Puasa Sunnah Nisfu Sya'ban

Adapun berikut tata cara puasa sunnah Nisfu Sya'ban:

1. Niat.2. Diutamakan makan sahur jelang masuk waktu subuh sebelum imsak.3. Mulai berpuasa dan menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa.4. Menyegerakan berbuka puasa saat sudah masuk waktu buka.

Penjelasan UAS Soal Dalil Puasa Nisfu Sya'ban

Di sisi lain, Ustaz Abdul Somad dalam ceramahnya beberapa waktu lalu, dikutip Sosok.ID via Banjarmasin Post menyampaikan, hadist tentang puasa di siang hari saat Nisfu Sya'ban tergolong daif atau lemah.

Namun, kita dibolehkan melakukannya. Terlebih jika tujuan berpuasa untuk beribadah.

"Kalau mau, silakan saja, apalagi jika untuk kebaikan bersama, tetapi hadisnya lemah," trang UAS.

"Hadis puasa di bulan Syaban yang kuat adalah berpuasa di bulan-bulan haram atau mulia, yaitu Zulhijjah, Zulkaidah, Rajab dan Syaban, dan Allah akan mengampuni dosa-dosa hamba-Nya di malam Nisfu," Jelasnya lebih lanjut.

"Jadi, ini hadisnya umum bulannya, tak khusus dijelaskan harus di saat Nisfu Syaban, tetapi di bulan-bulan haram," tambah UAS. (*)

Baca Juga: Niat Puasa Sunnah Ayyamul Bidh 7 Maret 2023 dan Keutamaannya

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya