Profil Nani Wijaya, Aktris Senior yang Terbaring Sulit Bernapas

Kamis, 02 Maret 2023 | 10:19
KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI | Tiktok @kitanlia

Potret Nani Wijaya di tahun 2017 (kiri) dan Nani Wijaya 2022 (kanan) - Profil Nani Wijaya,s aat ini tengah dirawat di RS karena sulit bernapas.

Sosok.ID - Aktris Nani Wijaya, saat ini sedang terbaring di rumah sakit karena sulit bernapas. Ia dirawat sejak Rabu, (1/3/2023) pukul 03.00 WIB.

Mengutip Kompas.com, putri Nani Wijaya, Nina Kartika mengungkap kondisi sang ibu yang dirawat di RS Fatmawati sempat tidak stabil.

"Berdasar diagnosis dokter, ibu saya harus dirawat di HCU karena belum stabil. Bisa tiba-tiba naik, turun," kata Nina Kartika pada Rabu petang.

Sementara anak asuh Nani Wijaya, Nazarudin Lubis menyebut dokter akan melakukan observasi terhadap kondisi ibunya selama 3 hari.

"Untuk pernapasan, saturasi, untuk jantungnya, semua dimonitor terus," terang Nazarudin.

Dia menyebut, sang ibu dalam keadaan sadar saat dibawa ke rumah sakit.

Namun, meski mengetahui siapa-siapa yang datang, Nani Wijaya kesulitan merespon.

Pakai Alat Bantu Napas

Dalam tayangan di YouTube Intens Investigasi, Nazarudin Lubis menerangkan ibunya mengalami gangguan pernapasan, meski begitu keadaannya sudah semakin membaik.

"Biasanya sih normal-normal aja ya, karena ada gangguan (napas) cepat kita bawa ke Rumah Sakit Fatmawati," tutur Nazarudin Lubis.

"Sekarang (Nani Wijaya) dibantu dengan alat bantu pernapasan," tambah dia.

Nazarudin Lubis mernerangkan, tensi Nani Wijaya sempat tinggi, namun bersyukur, dokter menyebut kondisi ibunya masih batas wajar.

"Tensinya tinggi, dengan kondisi dia seperti itu, tadi saya tanyakan dengan dokter, masih batas wajar."

"Cuma kesulitan bernapas aja yang menyebabkan dibawa ke rumah sakit," kata dia.

Nani Wijaya sayangnya hanya bisa 'makan' lewat selang infus.

Profil Nani Wijaya

Kiprah Nani Wijaya di dunia seni peran memiliki catatan yang panjang.

Nani Wijaya sendiri merupakan wanita kelahiran Cirebon, 10 November 1944. Usianya saat ini 78 tahun.

Nani Wijaya menikahi sutradara Misbach Yusa Biran pada 10 Januari 1969. Pada 11 April 2012, Misbach Yusa Biran tutup usia.

Diketahui, Nani Wijaya juga merupakan ibu dari aktris Tanah Air Cahya Kamila dan almarhumah Sukma Ayu.

Ia dikaruniai 6 anak dari pernikahan dengan Misbach yakniNina Kartika, Tita Fitrah Soraya, Cahya Kamila, Firdausi, Farry Hanief, dan Sukma Ayu.

Di tahun 2017, Nani Wijaya kembali menikah dengan sastrawan Ajib Rosidi. Namun Ajip Rosidi tutup usia pada 29 Juli 2020.

Mengutip TribunnewsWiki.com, popularitas Nani Wijaya dimulai saat ia memainkan film "Yang Muda yang Bercinta" tahun 1977 silam.

Debut film Nani Wijaya dilakukan saat usianya memasuki 16 tahun.

Kala itu, Nani Wijaya bermain di film "Darah Tinggi" sebagai pemeran pembantu.

Film-film legendaris yang dikenal diperankan oleh Nani Wijaya antara lain “Si Doel Anak Betawi”, “Roda-roda Gila”, “Gara-Gara Janda Kaya”, “R.A. Kartini”, “Catatan si Boy IV”, dan lain-lain.

Aktris lulusan Universitas Indonesia ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai Aktris Pembantu Terbaik Festival Film Indonesia tahun 1978 lewat film “Yang Muda Yang Bercinta”.

Saat itu ia berusia 34 tahun.

Sosoknya semakin melekat berkat memerankan sitkom Bajaj Bajuri, yang mengantarkannya meraih penghargaan sebagai Aktris Pembantu Sinetron Terpuji Festival Film Bandung tahun 2005.

Di tahun 2012, ia pernah dinominasikan sebagai Aktris Pemeran Utama Piala Maya dalam film “Ummi Aminah”. (*)

Baca Juga: Kabar Pemain Film Sitkom Bajaj Bajuri, Sosok Mat Solar Kondisinya Kian Parah: Sekarang Bengong, Tiduran Doang

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya