Pemakaman Ayahnya Dulu Diiringi Ribuan Orang, Sosok Anak Ulama Besar Ini Jadi Tulang Punggung Hidupi Keluarga: Berhenti Sekolah

Kamis, 07 Juli 2022 | 16:49
Instagram/abidzar73

Kolase potret Almarhum Uje dan Abidzar-Umi Pipik

Sosok.ID - Kepergian Ustaz Jefri Al-Buchori beberapa tahun silam memang cukup mengejutkan publik Tanah Air.

Selain untuk pengikutnya, kepergian Ulama besar tersebut juga menyisakan kesedihan yang mendalam bagi keluarga sosok yang disapa Uje tersebut.

Lantaran kepergian sang suami, beban pun harus dipikul Umi Pipik untuk berjuang menghidupi anak-anaknya seorang diri.

Sejak kepergian Ustaz Jefri Al Buchori, sontak untuk menghidupi anak-anaknya Umi Pipik harus banting tulang peras keringat lebih keras.

Namun ternyata perjuangan sang ibunda untuk menghidupi dirinya dan adik-adiknya tersebut membuat anak mendiang Uje tak tega.

Bahkan sosok pemuda bernama Abdzar Al-ghifari tersebut sampai memutuskan untuk berhenti sekolah demi membantu sang ibunda dan keuangan keluarganya.

Melansirdari TribunJatim, Abidzar Al-ghifari sampai mengambil keputusan untuk putus sekolah demi mencari uang untuk keluarga.

Pilihan Abidzar tersebut nyatanya membuat hati Umi Pipik nelangsa lantaran melihat perjuangan sang putra sulung.

Sebagai informasi, sejak kepergian Uje sontak membentuk Umi Pipik memang jadi seorang ibu empat anak yang kuat menghadapi hidup sendirian.

Bahkan Umi Pipik terlihat tegar menafkahi keempat anaknya dari Uje seorang diri setelah suaminya menghembuskan nafas terakhir.

Mengutip dari Grid.ID, Umi Pipik sampai sempat mengunggah jualannya berupa nasi biryani demi menyambung hidup.

Padahal diketahui kala ituUmi Pipik sendiri juga disibukkan sebagai mengisi dakwah atau pengajian bersama ibu-ibu.

Tak kuasa melihat perjuangan sang ibunda,Abidzar mengaku ikhlas melepas pendidikannya demi membantu keuangan sang ibu.

Meski dikenal sebagai putra sosok publik figur sekaligus ulama besar, namun nyatanya perjuangan Abidzar tak mudah untuk terjun ke dunia hiburan.

Seperti dalam tayangan videodi Youtube Intens Investigasi pada 4 Juli 2022 lalu, Umi Pipik sempat membeberkan perjuangan Abidzar.

Umi Pipik berlinang air mata karena ingat perjuangan sang putra yang sudah penuh beban.

"Ya kadang saya suka bangga deh namanya seorang ibu. Di usia dia yang masih remaja tapi membawa beban," ujar Umi Pipik sambil menangis.

Dengan status Abidzar sebagai aktor, tentu ia kerap bergaya santai selayaknya artis pada umumnya.

Ternyata, penampilan Abidzar yang berbeda dari sang ayah sebagai ustaz, kerap banjir nyinyiran netizen.

Umi Pipik pun terus menenangkan hati Abidzar agar tak mempedulikan omongan orang.

"Kadang dia berpenampilan begini dikomentarin, tapi saya selalu mengingatkan dia, yang tahu niat kamu hanya Allah," terang Umi Pipik.

Umi Pipik juga menjelaskan bahwa Abidzar bekerja demi meneruskan cita-cita sang ayah untuk membuat rumah tahfidz bagi anak yatim.

"Kamu bekerja di dunia entertain karena memang rezekinya di situ, tujuan kamu meneruskan cita-cita ayahnya, pengin punya rumah tahfidz yatim," sambung istri almarhum Uje.

Sebagai ibu, Umi Pipik terus memberi dukungan untuk Abidzar di tengah badai yang kerap menghantam.

"Dia bertekad untuk itu, ya udah saya support, nggak usah didengerin orang berkomentar tentang kamu," lanjutnya.

Umi Pipik sendiri menduga bahwa putranya memilih bekerja karena melihat perjuangannya sebagai seorang ibu yang penuh pengorbanan demi sesuap nasi.

"Mungkin dia melihat sosok saya yang setiap hari nggak ada di rumah. Kalau anak-anak berangkat sekolah, saya ikut berangkat. Kerja di sini ya dakwah," imbuh Umi Pipik.

Alhasil, anak-anak Umi Pipik belajar mandiri karena melihat ibunya yang berjuang untuk menghidupi keluarga.

"Kadang ninggalin mereka, ya akhirnya mereka mungkin melihat sendiri perjuangan saya. Ini bukan pekerjaan untuk cari uang, tapi ini pure untuk menebar kebaikan. Gak perlu kamu terbebani untuk menafkahi adik-adik kamu," tambahnya.

Hingga akhirnya, Abidzar sebagai anak laki-laki tertua di keluarga tersebut memilih putus sekolah dan bekerja cari uang.

Abidzar ikhlas membantu sang ibu untuk mencari uang demi kehidupan sehari-hari keluarganya.

"Ya udah (Abidzar) mau berhenti sekolahnya, gampang pokoknya nanti bisa home schooling, bisa kejar paket, yang penting mau cari uang, Umi gak usah capek-capek, apapun aku (Abidzar) bisa bantu," ucap Umi Pipik.

Melihat tekad Abidzar untuk membantu dirinya, Umi Pipik tak bisa berbuat apa-apa selain memberi dukungan.

Terlebih Umi Pipik juga mementingkan ilmu agama bagi anak-anaknya, maka bukan masalah besar bila Abidzar putus sekolah demi berkarier di dunia hiburan.

"Saya sebagai orang tua gak bisa maksa juga, saya lebih mentingin anak-anak saya ilmu agama. Kadang mereka kalau mau home schooling tinggal panggil guru," tukas Umi Pipik.

(*)

Baca Juga: Penampilan Umi Pipik Dihujat

Baca Juga: Kabar Putra Mendiang Uje, Sudah Berencana Menikah Meski Usianya Baru 20 Tahun, Umi Pipik Bocorkan Kapan

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Grid.ID, Youtube, TribunJatim

Baca Lainnya