'Hanya Ada Satu Nyonya Soeharto', Bukan Dijodohkan Atau Cinta Pandangan Pertama, Begini Kisah Asmara Pak Harto dan Bu Tien!

Sabtu, 04 Juni 2022 | 09:13
Kolase Tribun Jabar/Tribunnews/Kompas.com

'Hanya Ada Satu Nyonya Soeharto', Bukan Dijodohkan Atau Cinta Pandangan Pertama, Begini Kisah Asmara Pak Harto dan Bu Tien!

Sosok.ID -Perjalanan cinta Ibu Tien sosok Presiden kedua RI, Soeharto memang dikenal sebagai salah satu kisah asmara yang mengharukan.

Namun siapa sangka? perjalanan cinta dua Ibu Tien dengan Soeharto tidak diawali dengan kisah cinta-cintaan seperti jalani hubungan pacaran.

Melansir dari Tribunnews,bahkan diketahui bahwa cinta antara Ibu Tien dan Soeharto justru baru mulai tumbuh dengan sendirinya setelah mereka menikah.

Bukan tanpa sebab, Bu Tien sapaan Hartinah Soeharto memang awalnya dijodohkan oleh Soeharto muda lewat orang tua keduanya.

Dikutip dari Intisari dalam artikel 'Kisah Cinta Pak Harto dan Bu Tien, Semanis Tebu yang Menyentuh Kalbu', namun demikian, ternyata Soeharto dan Hartinah sudah saling kenal sejak mereka kanak-kanak.

Keduanya diketahui sempat mengenyam pendidikan yang sama yakni saat bersekolah di satu SMP, di Wonogiri, Jawa Tengah.

Kala itu diketahui ternyata Hartinah merupakan adik kelas Soeharto.

Namun ternyata, Hartinah kala itu menjadi teman sebangku dari sosokSulardi, saudara sepupu dari Soeharto.

Tetapi meski demikian, Soeharto kala itu diceritakan tak pernah menunjukkan tanda-tanda tertarik kepada Hartinah.

Namun yang mengejutkan, Hartinah ternyata sempat berkelakar kepada Sulardi bahwa suatu saat nanti dirinya akan menjadi kakak ipar Sulardi.

Kemudian usai lulus sekolah, Soeharto melanjutkan ke PETA dan terjun ke dunia ketentaraan.

Sedangkan Hartinah sendiri lebih aktif di Laswi dan PMI kala Indonesia belum merdeka.

instagram
instagram

foto muda Ibu Tien

Yogyakarta, 1947. Suatu hari Soeharto berkunjung ke kediaman keluarga Prawirowiardjo yang telah lama mengasuhnya.

Keluarga bibi dan pamannya itu belum lama pindah dari Wuryantoro, Wonogiri ke Yogyakarta

"Harto," kata Bu Prawiro, yang merupakan adik Pak Karto (ayahanda Soeharto).

"Sekalipun engkau bukan anakku sendiri, aku sudah mengasuhmu sejak ayahmu mempercayakan engkau pada kami. Aku pikir, sebaiknya segera mencarikan istri untukmu."

O.G. Roeder menulis dalam bukunya 'Soeharto--Dari Pradjurit Sampai Presiden', mengisahkan bahwa Soeharto sempat menolak secara halus tawaran bibinya.

Dia beralasan masih ingin berkonsentrasi di dunia militer. Tapi setelah dibujuk terus menerus, akhirnya Soeharto menurut juga.

Soeharto bertanya, siapa kiranya yang akan dijodohkan dengan dirinya.

Bu Prawiro tersenyum. Dia berkata pelan bahwa Soeharto sebenarnya sudah kenal dengan gadis tersebut.

“Masih ingatkah kamu dengan Siti Hartinah,” kata Bu Prawiro seperti dikisahkan di buku 'Falsafah Cinta Sejati Ibu Tien dan Pak Harto'.

Soeharto mana mungkin lupa dengan adik kelas manis yang suka mengolok-olok sepupunya sebagai adik ipar.

Tapi, mendadak nyali Soeharto menciut.

Hartinah berasal dari keluarga ningrat. Putri RM Soemoharjomo dan Raden Ayu Hatmati Hatmohoedojo, wedana dari Kraton Mangkunegaran, Surakarta.

Mana mungkin pria dari kelas bawah macam dirinya, bisa bersanding dengan putri ningrat ? Begitu pikir Soeharto.

(Instagram @titiksoeharto)
(Instagram @titiksoeharto)

Foto muda Soeharto dan Ibu Tien

"Tapi bu, apakah orangtuanya akan setuju? Saya orang kampung biasa. Dia orang ningrat…"

Bu Prawiro meyakinkan bahwa dirinya cukup dekat dengan keluarga Soemoharjomo. Selain itu, “Keadaan sudah berubah,” terang Bu Prawiro.

Hartinah sendiri dikabarkan sempat membuat pusing keluarganya. Sebab berkali-kali dia menolak lamaran banyak pria yang meminangnya.

Tak lama setelah pertemuan itu, Soeharto dan keluarga bibinya berkunjung ke rumah Soemoharjomo di Solo.

Dan Soeharto pun dipertemukan untuk pertama kalinya dengan Hartinah, calon istrinya.

Dalam pertemuan itu pun Soeharto masih belum percaya diri, “apakah dia akan benar-benar suka kepada saya?” batin Soeharto.

Kenyataannya, keluarga Soemoharjomo menerima pinangan Soeharto.

Pernikahan dilakukan pada 26 Desember 1947. Resepsinya sangat sederhana. Pada malam hari hanya bercahayakan temaram lilin. Tak dihadiri banyak tamu.

Saat itu Soeharto berumur 26 dan Hartinah 24.

Menurut RE. Elson dalam bukunya 'Suharto: Sebuah Biografi Politik', hubungan cinta dua insan yang berbeda latar belakang status sosialnya itu diuntungkan oleh situasi zaman revolusi.

Era revolusi memungkinkan seorang pemuda desa seperti Soeharto memiliki “pamor” karena berkecimpung sebagai perwira militer yang memiliki tempat terhormat pada masa itu.

Itulah yang membuat gambaran Soeharto berbeda di depan mata calon mertuanya, selain tentu saja karena hubungan dekat keluarga pamannya dengan orangtua Hartinah.

Pustakaan Kepresidenan
Pustakaan Kepresidenan

Presiden Soeharto dan Ibu Tien

“Perkawinan kami tidak didahului dengan cinta-cintaan seperti yang dialami oleh anak muda di tahun delapan puluhan sekarang ini. Kami berpegang pada pepatah, ‘witing tresna jalaran saka kulina,” kata Soeharto kepada Ramadhan KH, dalam 'Ucapan, Pikiran dan Tindakan Saya'.

Mengutip dari SuryaMalang,dalam buku otobiografinya, Soeharto juga menulis dirinya dan sang istri selalu menjaga ketentraman rumah tangga dengan cinta dan pengertian.

Namun tak bisa dipungkiri, cinta kasih dan dukungan yang diberikan Hartinah menjadi pendorong karir Soeharto sebagai presiden.

Seperti pasangan suami istri lainnya, cemburu dan cekcok suami istri juga pernah dialami Soeharto dan Hatinah.

Tetapi baik Soeharto maupun Hartinah bisa menempatkan kecemburuan secara bijak hingga hubungan keduanya langgeng.

"Hanya ada satu Nyonya Soeharto dan tidak ada lagi yang lainnya. Jika ada, akan timbul pemberontakan yang terbuka di dalam rumah tangga Soeharto," demikian tulis kata Pak Harto.

Selama 49 tahun mereka hidup berdampingan. Sampai Hartinah berpulang pada 1996.

Dan, 12 tahun kemudian, Soeharto menyusul wanita terkasihnya untuk kembali bersama.

(*)

Baca Juga: 22 Tahun Dituding Tak Dianggap Sebagai Menantu Keluarga Cendana, Mayangsari Bongkar Hubungan Dengan Titiek Soeharto

Baca Juga: Lepas Status Mantu Keluarga Cendana, Sosok Ini Kini Jadi Istri Bukan Orang Sembarangan Usai Cerai Dari Tommy Soeharto

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : tribunnews, intisari, Suryamalang.com

Baca Lainnya