Kim Jong Un Bisa Mengamuk, Korea Selatan Uji Roket Luar Angkasa Berbahan Bakar Padar di Tengah Permusuhan yang Menegang

Kamis, 31 Maret 2022 | 21:19
KCNA

Pemimpin Korut Kim Jong Un tolak penggunaan vaksin sinovac dari China.

Sosok.ID - Korea Selatan mengatakan, pihaknya melakukan peluncuran roket berbahan bakar padat pertama di tengah ketegangan dengan Korea Utara.

Dikutip dari Al Jazeera, peluncuran hari Rabu (30/3/2022) itu berlangsung enam hari.

Hal itu dilakukan usaipasukan Kim Jong Un pamermelakukan uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) pertamanya sejak 2017, yang terbaru dalam serangkaian uji coba senjata sejak awal tahun.

Peluncuran Korea Selatan berlangsung dari Taean, 150 kilometer (93 mil) barat daya Seoul.

Baca Juga: Di Kuburan Adjie Massaid, Sosok Angelina Sondakh Pilu, Keanu Masih Tak Nyaman Dengannya: Saya Bukan Ibu yang Baik

Aksi itu dilakukan di depan Menteri Pertahanan Suh Wook dan pejabat pertahanan senior lainnya, dengan foto-foto yang menunjukkan roket membubung ke langit sebelum melepaskan satelit tiruan di luar angkasa.

Kementerian mengatakan uji coba itu berhasil menandai “tonggak penting” dalam meningkatkan kemampuan pengintaian dan pengawasan berbasis ruang angkasa independen Korea Selatan.

Korea Selatan saat ini tidak memiliki satelit pengintai militer sendiri dan bergantung pada satelit mata-mata Amerika Serikat untuk memantau fasilitas strategis di Korea Utara.

Pyongyang telah melakukan serangkaian uji coba senjata sejak awal tahun, dan seminggu yang lalu menguji apa yang dikatakan sebagai ICBM baru.

Baca Juga: Sosok Verrell Bramasta Nyaris Melompat dari Lantai 37, Ingin Bunuh Diri karena Masalah Rumah Tangga Venna Melinda

Peluncuran itu mengakhiri moratorium yang diberlakukan sendiri pada uji coba senjata besar, melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB dan telah menimbulkan kekhawatiran bahwa negara itu selanjutnya akan melanjutkan uji coba senjata nuklir.

Kecurigaan telah muncul tentang ICBM, di mana Korea Selatan menyimpulkan awal pekan ini bahwa itu adalah Hwasong-15 yang telah diuji sebelumnya, daripada Hwasong-17 yang lebih besar dan jarak jauh yang diklaim Pyongyang telah diuji oleh Utara.

Rudal itu terbang lebih jauh dan lebih lama daripada peluncuran Korea Utara sebelumnya, menempatkan semua daratan AS dalam jarak serangan potensial.

“Datang pada waktu yang sangat genting setelah Korea Utara mencabut moratorium uji coba senjata,"

"Peluncuran uji coba kendaraan peluncuran luar angkasa berbahan bakar padat yang sukses ini merupakan tonggak penting dalam upaya militer kami untuk (membangun) sistem pengawasan berbasis ruang sepihak dan meningkatkan kemampuan pertahanan,” kata pernyataan Korea Selatan.

Baca Juga: Sosok Gala Sky Tunjukkan Gelagat Aneh Saat Fuji dan Thariq Halilintar Pergi Umrah

Seoul mendapatkan izin AS untuk menggunakan bahan bakar padat untuk kendaraan peluncuran ruang angkasa pada tahun 2020, menghapus pembatasan yang disepakati bersama selama 20 tahun atas kekhawatiran bahwa penggunaan teknologi dapat menyebabkan rudal yang lebih besar dan memicu perlombaan senjata regional.

Tahun lalu, Amerika Serikat mencabut pembatasan lain yang tersisa untuk memungkinkan Korea Selatan mengembangkan rudal dengan jangkauan tak terbatas.

Lee Choon Geun, seorang peneliti kehormatan di Institut Kebijakan Sains dan Teknologi Korea Selatan, mengatakan pengembangan roket berbahan bakar padat juga akan berkontribusi untuk meningkatkan teknologi rudal Korea Selatan, karena rudal balistik dan roket yang digunakan dalam peluncuran satelit memiliki badan, mesin yang sama, dan teknologi lainnya.

Lee mengatakan roket berbahan bakar padat biasanya digunakan untuk meluncurkan satelit kecil karena memiliki gaya dorong yang lebih lemah daripada roket berbahan bakar cair berukuran serupa.

Dia mengatakan satelit yang lebih besar dapat membawa kamera yang lebih besar yang menghasilkan citra resolusi lebih tinggi.

Baca Juga: Tekad Mayang Tetap Berkarir di Dunia Entertain Meski Tanpa Chika: Meneruskan Jejak Kak Vanessa

Korea Selatan meluncurkan roket luar angkasa berbahan bakar cair pertama yang diproduksi di dalam negeri, NURI, Oktober lalu.

Roket tiga tahap, dihiasi dengan bendera Korea Selatan dan membawa satelit tiruan, berhasil diluncurkan dan mencapai ketinggian yang diinginkan tetapi gagal mengirimkan satelit ke orbit.

Tidak ada tanggapan langsung dari Korea Utara atas peluncuran roket terbaru Seoul.

Itu sebelumnya menyebut keputusan AS untuk mencabut pembatasan rudal di Korea Selatan sebagai contoh kebijakan bermusuhan Washington terhadap Korea Utara.

Adapun perang Korea 1950-1953 berakhir dengan gencatan senjata daripada perjanjian damai, dan Korea Utara dan Selatan telah membangun pasukan dan persenjataan di sepanjang zona demiliterisasi (DMZ), yang memisahkan kedua negara. (*)

Baca Juga: Terkuak Dorce Gamalama Wasiatkan Warisan untuk Anak-anak Yatim, Keluarga Kandung Mengamuk: Kami Lebih Berhak!

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Al Jazeera

Baca Lainnya