Baru Berusia 24 Tahun dan Belum Menikah, Begini Raja Mangkunegaran Surakarta yang Baru yang Disebut Bukan Sosok Sembarangan!

Minggu, 13 Maret 2022 | 18:59
Kolase TribunSolo.com dan Instagram @ganjar_pranowo

Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo baru-baru ini resmi ditunjuk menjadi Raja Mangkunegara X, menggantikan sang ayah Mangkunengara IX.

Sosok.ID -Sosok Gusti Pangeran Haryo (GPH)Bhre CakrahutomoWira Sudjiwo kini tengah jadi sorotan publik.

Perhatian publik tertuju padanya usai resmi ditunjuk menjadi Raja Mangkunegara X, menggantikan sang ayah Mangkunengara IX.

Mengutip dari Tribunjateng.com, prosesi upacara Jumenengan Dalem KGPAA Mangkunegara X digelar pada Sabtu (12/03/2022) di Pendapi Ageng Pura Mangkunegaran.

GPH Bhre mendapat gelar baru yakni Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario (KGPAA) Mangkunegoro X usai dikukuhkan menjadi raja baru.

Dalam upacar pengukuhan tersebut terasa sakral karena dihadirioleh Presiden RI Joko Widodo dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Sering Berduet Dengan Rhoma Irama, Sosok Elvy Sukaesih Sampai Diminta Tukar Kartu Nikah Dengan Istri Raja Dangdut

Proses pengukuhan tersebut juga sempat diunggaholeh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo lewatInstagram @ganjar_pranowo pada Sabtu (12/03/2022).

Lewat unggahannya tersebut, Ganjar tampak berpakaian rapi menggunakan beskap dan blangkon.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga terlihat mendampingi Presiden Joko Widodo saat momen pengukuhan KGPAA Mangkunegoro X .

Selain itu, Ganjar juga memberikan ucapan selamat dan kata penyemangat untuk KGPAA Mangkunegaran X.

"Hari ini, bersama Presiden Joko Widodo saya menghadiri penobatan raja baru Pura Mangkunegaran. Selamat Gusti Bhre, atas mandat sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara X. Atas nama sejarah, mari mencipta sejarah," tulisnya.

Baca Juga: Bertahun-tahun Jadi Situs Internet Paling Populer, Google Tahun Ini Kalah Telak, Web Paling Sering Dipakai Tahun 2021, Dulu Diremehkan di Indonesia!

Tangkapan layar Instagram @ganjar_pranowo

Momen pengukuhan KGPAA Mangkunegaran X

Momen pengukuhan ini pun menjadi sorotan publik lantaran KGPAA Mangkunegoro X disebut-sebut baru berusia 24 tahun.

Sejumlah fakta menarik mengenai sosokGPH Bhre CakrahutomoWira Sudjiwo yang baru dikukuhkan menjadi KGPAA Mangkunegoro X juga menjadi sorotan banyak pihak

GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo tersebut adalah putra bungsu dari pasangan KGPAA Mangkunegara IX dengan Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX.

Tangkapan layar Instagram @ganjar_pranowo

Momen pengukuhan KGPAA Mangkunegaran X

Pernikahan KGPAA Mangkunegara IX dengan Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX memiliki dua keturunan, yaitu GR.Aj Ancillasura Marina Sudjiwo dan GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo.

Saat dikukuhkan menjadi Mangkunegara X, GPH Bhre Cakrahutomo baru berusia 24 tahun.

Baca Juga: Untuk Pertama Kalinya Berbincang Berdua, Baim Wong Buat Raja Dangdut Rhoma Irama Kagum, Kok Bisa?

Diketahui GPH Bhre Cakrahutomo lahir pada tanggal 29 Maret 1997.

Selain itu, sejumlah hal yang telah dilalui oleh GPH Bhre Cakrahutomo juga membuat dirinya semakin jadi sorotan.

Salah satunya karenaGPH Bhre Cakrahutomo merupakan sarjana Hukum dari kampus ternama, Universitas Indonesia.

Hal itu diketahui dari kabar lelayu resmi Pura Mangkunegaran.

Instagram @ganjar_pranowo

Momen pengukuhan KGPAA Mangkunegaran X

Tak sampai di situ saja, seperti yang dilansirdari situs puromangkunegaran.com, Bhre tergabung dalam Tim Mooting Vis FH UI.

Baca Juga: Lagak Nagita Slavina di Rumah Disebut Bak Putri Raja, Raffi Ahmad Keras Minta sang Istri Berbenah Diri: Gak Sok Kayak Tuan Putri

Ia dan Timnya berhasil mendapatkan gelar champion pada sesi final Pre-Moot Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot yang ke-10 di Praha, Republik Ceko pada 11 Maret 2018.

Gelar juara itu ia peroleh dari pertandingan pengadilan semu yang diselenggarakan oleh Pace Law School, vis Moot Foundation dan United Nations Commission on International Trade Law.

Sedangkan istilah Pre-moot adalah pemanasan para peserta untuk memperbaiki argumen dan latihan tanding sebelum terjun ke ajang Vis Moot.

Dilansir dari laman resmi Pura Mangkunegaran, sosok GPH Bhre Cakrahutomo cukup aktif dalam kegiatan, salah satunya mengisi acara seminar.

Instagram @bhresudjiwo

Unggahan GPH Bhre Cakrahutomo

Lewat akun Instagramnya @bhresudjiwo, diketahui bahwa sosok GPH Bhre Cakrahutomo merupakan pecinta fotografi.

Hal itu terbukti dari unggahannya yang memperlihatkan foto-foto bertema human interest dan pemandangan yang sangat indah dan beragam.

Tak hanya itu, ia juga terlihat memiliki skill fotografi yang patut diacungi jempol.

Melihat dari karya -karya fotonya, GPH Bhre Cakrahutomo memang suka melakukan traveling.

Raja muda ini diketahui sempat datang menghadiri acara pembukaan Persis Store bersama dengan Kaesang.

Tak hanya itu, Bhre dan kakak Kaesang, Gibran pun terlihat akrab pada saat acara peringatan 100 hari wafatnya KGPAA Mangkunegara IX pada November 2021 lalu. (*)

Baca Juga: Dijuluki Raja dan Ratu Dangdut Bahkan Ngaku Saling Cinta, Rhoma Irama dan Elvy Sukaesih Akhirnya Bongkar Rahasia Gagal Nikah Setelah 50 Tahun Bungkam!

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Tribunjateng.com, grid.id

Baca Lainnya