Dari Malaysia Hingga China Kini Tambah Ketar-ketir Ingin Adu Kekuatan Militer dengan Indonesia, Jet Tempur Ini Bakal Jadi Alutsista Hebat Baru RI!

Minggu, 13 Februari 2022 | 18:42
Tech. Sgt. Angelique Perez

(ilustrasi) Dari Malaysia Hingga China Kini Tambah Ketar-ketir Ingin Adu Kekuatan Militer dengan Indonesia, Jet Tempur Ini Bakal Jadi Alutsista Hebat Baru RI!

Sosok.ID - Militer Indonesia kembali bergeliat hingga kejutkan dunia dengan perkembangan alutsista yang terbilang cepat dalam beberapa tahun terakhir.

Bagaimana tidak? secara perlahan, Indonesia meregenerasi dan menambahkan kekuatan militer baru dalam hal pertahanan negara.

Usai belum lama ini bakal boyong jet tempur buatan pabrikan Perancis, Rafale, kini Indonesia bakal kembali miliki pesawat perang canggih.

Hal itupun membuat Indonesia semakin disegani dan diwaspadai negara-negara tetangga bila ingin membuat konflik dengan RI.

Secara mengejutkan, Indonesia bakal segera mendapat tambahan alutsista berupa jet tempur dari kelas jenis F-15.

Baca Juga: Prabowo Sudah Yakin! Indonesia Sah Perkuat Otot Militer dengan Boyong 42 Jet Rafale Prancis

Kabar tersebut membuat Indonesia menjadi negara kedua di Asia Tenggara yang memiliki F-15 setelah penjualannya disetujui Amerika Serikat (AS).

Melansir dari Kompas.com, AS akhirnya menyetujui penjualan 36 unit jet tempur F-15 dengan Indonesia.

Tak hanya itu saja, berbagai peralatan militer lainnya senilai hampir 14 miliar dollar AS atau sekitar Rp 200 triliun juga disetujui untuk dibeli Indonesia.

Diketahui, persetujuan penjualan F-15 itu terjadi ketika AS terus berupaya untuk menahan pengaruh China di kawasan Indo-Pasifik.

Sebagai informasi, melansir dari Intisari Online, F-15 merupakan jet tempur multiperan buatan Boeing yang berbasis di AS.

Baca Juga: Keamanan Perbatasan Laut Indonesia Dianggap Gampang Terancam, RI Disebut Pakar Harus Menambah Kekuatan Militer Terutama di Bidang Ini!

Di situs resminya, Boeing bahkan menyebutkan F-15 generasi terbaru menawarkan berbagai teknologi termutakhir.

Di antaranyakokpit canggih, radar AESA, perangkat peperangan elektronik digital, komputer misi cepat, dan sensor modern.

Ternyata dari awal peluncurannya,hanya ada tujuh negara yang mengoperasikan F-15 buatan Amerika Serikat (AS) tersebut.

Ketujuh negara tersebut adalah AS, Jepang, Israel, Korea Selatan, Arab Saudi, Singapura, dan Qatar.

Sedangkan di kawasanAsia Tenggara sendiri, baru Singapura yang mengoperasikan F-15 ini yang bakal segera disusul oleh Indonesia.

Baca Juga: Makanya Menhan Prabowo Getol Boyong Jet Tempur Rafale Buatan Perancis, Ternyata Kemampuan Ini Mampu Bantu Jaga Perbatasan RI!

Jika Indonesia benar-benar meneken kesepakatan pembelian F-15, maka Indonesia menjadi negara kedua di Asia Tenggara yang mempunyai F-15.

Melansir dari laporan yang dibuat oleh Flight Global, Singapura diketahui mempunyai 100 unit jet tempur jenis F-15.

Dalam jumlah tersebut terdiri dari dua varian, 40 unit adalah varian F-15SG sedangkan 60 unit adalah varian F-16C/D.

Sementara itu bila benar jadi,Indonesia bakal mendapat varian yang disetujui AS untuk dijual kepada Jakarta, yakni F-15ID.

Namun demikian, meski telahmengumumkan potensi penjualan 36 unit F-15ID ke Indonesia, keputusan tersebut bukan berarti negosiasi telah rampung.

Baca Juga: Menhan Prabowo Getol Pilih Rafale Untuk Perkuat Militer Indonesia, Ternyata Jet Tempur Asal Perancis Juga Dilirik Negara-negara Hebat Ini!

Mengutip dari Reuters,meski penjualan disetujui oleh Kementerian Luar Negeri AS, proses negosiasi belumlah usai.

Tak hanya F-15, paket yang disetujui AS tersebut juga mencakup 87 mesin, bersama dengan radar, komputer, sistem navigasi, dan perangkat keamanan untuk jet tempur canggih.

Kini pihak Kementerian Pertahanan Indonesia belum bisa berbicara mengenai pengumuman AS tersebut.

(*)

Baca Juga: Pertahanan Militer Indonesia Bakal Makin Garang, TNI AU Langsung Siapkan 3 Skuadron Khusus Sambut Jet Tempur Rafale dan F-15EX

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kompas.com, Reuters, Intisari Online, Flight Global

Baca Lainnya