Menhan Prabowo Kembali Buat Dunia Internasional Terkejut Kemajuan Militer Indonesia, Kini Siap Ekspor Kapal Perang Rudal Cepat!

Minggu, 12 Desember 2021 | 15:07
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

(ilustrasi) Menhan Prabowo Kembali Buat Dunia Internasional Terkejut Kemajuan Militer Indonesia, Kini Siap Ekspor Kapal Perang Rudal Cepat!

Sosok.ID - Militer Indonesia memang tak bisa dipandang sebelah mata oleh dunia internasional.

Meskipun dalam hal teknologi belum bisa dikatakan satu level dengan negara-negara maju seperti Amerika Serikat (AS) maupun China, militer Indonesia kembali picu kejutan.

Bagaimana tidak? kini dunia militer mulai menyoroti kemajuan teknologi perang Indonesia dalam hal kapal perang.

Bahkan kini Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sampai mengungkapkan bakal berusaha untuk bisa memajukan militer Indonesia.

Baca Juga: Pasukannya Dianggap Salah Satu Kesatuan Tentara Berbahaya di Dunia, Inilah Sosok Komandan Kopassus yang Baru!

Salah satunya mengenai rencana untuk membuat teknologi militer Indonesia agar bisa bersaing dengan negara-negara lain.

Rencana terbaru mengenai upaya memperkenalkan salah satu alutsista buatan anak bangsa ke dunia internasional satu ini.

Prabowo Subianto mendukung pemasaran Kapal Cepat Rudal (KCR) buatan PT PAL Indonesia (Persero) ke negara lain.

Menurut Prabowo, peluang mengekspor KCR buatan PT PAL terbuka karena kemampuan yang cukup tinggi dan harganya yang relatif lebih murah.

Baca Juga: Getol Lepas Dari Indonesia 19 Tahun Lalu, Timor Leste Kelabakan Bila Indonesia Hentikan Lakukan Hal Ini Pada Mereka!

"Saya kira ada saja kemungkinannya, kita lihat dari kemampuan yang cukup tinggi dengan harganya yang saya kira mencapai sekitar setengah dari harga pasaran dengan kapal sejenis dari produksi luar negeri," kata Prabowo, dalam siaran pers, Sabtu (11/12/2021).

KCR 60 Meter yang diproduksi oleh PT PAL juga diyakini dapat berkontribusi besar pada peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) produksi kapal di Indonesia.

Sebab, dalam proses produksi KCR, seluruh prosesnya mulai dari engineering design, pembangunan platform, hingga integrasi sistem senjata dilakukan di PT PAL.

Baca Juga: Indonesia Segera Punya Kapal Selam Nuklir? Perjanjian Dengan Perancis Jadi Bukti RI Kejutkan Aliansi China-Rusia dan AUKUS yang Ingin Kuasai Laut China Selatan?

Prabowo menyebutkan, ke depannya akan banyak kapal yang akan dimodernisasi dan dibangun oleh PT PAL.

“Tadi disebut bahwa desain, perancangan, semuanya dari kita sendiri. Jadi, local content-nya sangat tinggi dan rencananya kita akan membuat PT PAL sebagai lead integrator akan memandu jalannya proyek-proyek pertahanan matra laut," ujar Prabowo.

Prabowo pun menegaskan, adanya KCR buatan PT PAL sangat penting dalam menjaga pertahanan matra laut Indonesia.

"Karena Indonesia memiliki wilayah laut yang luas sekali, jadi untuk mengamankannya kita butuh banyak sekali unit kapal cepat rudal," kata Prabowo.

Baca Juga: China dan AS Bakal Dibuat Kelabakan Gegara Ulah Indonesia di Indo-Pasifik, Kini Siapkan Aliansi Baru Bersama 2 Negara Ini Termasuk Soal Militer!

Ia menyampaikan, pemerintah akan menambah armada serta melakukan modernisasi terhadap kapal-kapal yang yang telah ada.

Diberitakan, PT PAL telah membangun empat unit platform KCR 60 Meter, yaitu KRI Sampari-628, KRI Tombak-629, KRI Halasan-630, dan KRI Kerambit-627. Kemudian, PT PAL meluncurkan KCR 60 Meter kelima.

Kapal tersebut akan menjalani serangkaian proses pengujian dari para ahli dan teknisi, sebelum diserahterimakan kepada TNI AL sebagai pengguna.

(*)

Baca Juga: Pesawat Tempur Anti Radar Tak Berani Melintas di Indonesia, Ternyata RI Diam-diam Punya Rudal Pertahanan Udara, Mampu Hancurkan Musuh Hitungan Detik!

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kompas.com, Tribunnews.com

Baca Lainnya