Sesumbar Tak Menindas Negara Kecil, Ucapan Presiden China Dibungkam Petinggi AS Dengan Beri Bukti Negara-negara di Afrika

Senin, 22 November 2021 | 15:31
Xinhua

Sesumbar Tak Menindas Negara Kecil, Ucapan Presiden China Dibungkam Petinggi AS Dengan Beri Bukti Negara-negara di Afrika

Sosok.ID - Saat menghadiri KTT ASEAN-China di hari Senin (22/11/2021), Presiden China Xi Jinping tegas tak menindas negara-negara kecil.

Tak hanya itu saja, Xi Jinping menambahkan Pemerintah China di bawah kepemimpinannya enggan mengejar hegemoni saja.

Hal itu diungkapkan sendiri oleh pemimpin partai terbesar di Tiongkok tersebut saat perayaan 30 tahun hubungan kedua pihak.

"China tidak akan pernah mencari hegemoni atau memanfaatkan ukurannya untuk mengganggu negara-negara kecil, dan akan bekerja dengan ASEAN untuk menghapus campur tangan," ungkap Xi, sebagaimana dikutip Reuters.

Baca Juga: Geger Video Mengerikan Anak-anak Muda di China Terobsesi Jadi Tentara, Bak Dicuci Otak oleh Xi Jinping

KTT kali ini dilaporkan berlangsung tanpa kehadiran perwakilan dari Myanmar.

Beberapa sumber mengatakan Myanmar akan diwakili oleh duta besarnya untuk China.

Namun pernyataan Xi Jinping tersebut agaknya berbanding terbalik dengan temuan seorang petinggi pemerintahan Amerika Serikat (AS) baru-baru ini.

Secara terang-terangan bahkan Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken membeberkan kebobrokan niat China pada negara-negara kecil.

Baca Juga: Muak Konflik dengan Taiwan Ditunggangi Banyak Negara, Presiden China Peringatkan Soal Perang Besar di Kawasan Laut China Selatan, Indonesia Bagaimana?

Bliken terkhusus menyoroti tindakan Tiongkok di kawasan benua Afrika yang ia kunjung beberapa waktu ini.

Dalam kesempatan pengumuman proyek infrastruktur di Senegal pada Sabtu (20/11/2021) lalu, Blinken mengungkapkan fakta mengejutkan apa yang terjadi di Afrika.

Di waktu yang hampir bersamaan, melansir dari AFP, Blinken menggelar konferensi pers di sebuah hotel yang juga dipakai sebagai Kamar Dagang China di Kenya.

Baca Juga: 'Tidak Boleh!' Xi Jinping Singgung Perang Dingin di Kawasan Asia-Pasifik dalam Pertemuan APEC Jelang Tatap Muka dengan Joe Biden

Blinken mengatakan, investasi AS dilakukan tanpa membebani negara dengan utang yang tidak dapat diatasinya.

Itu merupakan referensi untuk proyek Belts and Roads Initiative China, yang banyak orang lihat sebagai alat Beijing untuk menaklukkan negara-negara miskin secara ekonomi.

Di sisi lain, Senegal juga merupakan mitra kunci AS dalam perang melawan teror.

Baca Juga: Ngeri! Inilah Profil Sosok Pemimpin China, Xi Jinping yang Kini Ditakuti Negara-negara Barat, Ternyata Sudah Tunjukkan Kehebatan Sejak Remaja!

Tahun lalu, Senegal menjadi tuan rumah latihan kontraterorisme tahunan Flintlock dengan AS.

Belum lama ini isu dan tudingan pada Pemerintah China yang disebut memberi pinjaman pada negara kecil dengan perjanjian memang cukup mengejutkan.

China dituding menjalankan perjanjian gelap demi bisa mengambil alih negara-negara kecil yang tak mampu membayar utang kepada mereka.

(*)

Baca Juga: Makanya China Minta Damai Dengan Taipei, Taiwan Disebut Sosok Presiden Tsai Ing-wen Sudah Miliki Rudal yang Bisa Hantam Beijing Dengan Sekejap

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Reuters, afp

Baca Lainnya