Nasib China di Ujung Tanduk, Tak Hanya AS dan Sekutu, Kini Musuh Tiongkok Bertambah Jika Ingin Kuasai Taiwan!

Minggu, 31 Oktober 2021 | 19:51
Taiwan Armed Forces

Ilustrasi. Nasib China di Ujung Tanduk, Tak Hanya AS dan Sekutu, Kini Musuh Tiongkok Bertambah Jika Ingin Kuasai Taiwan!

Sosok.ID-Perebutan wilayah antara Taiwan dengan China kini semakin memanas meski Tiongkok getol sebut Taipei adalah bagian wilayah mereka.

Tak main-main, Presiden China, Xi Jinping sempat mengungkapkan negaranya bakal melakukan segala cara untuk membuat Taiwan bertekuk lutut.

Bahkan China tak segan melawan semua negara yang mendukung Taiwan untuk lepas dari Tiongkok.

Namun hal itu agaknya bakal segera terwujud, di tengah memanasnya hubungan kedua negara tetangga tersebut.

Baca Juga: AS Bertekad Perdalam Hubungan dengan Taiwan, Janji Pecuncangi Pengaruh 'Jahat' China!

Taiwan diam-diam menjalin berbagai hubungan militer dengan sejumlah negara selain Amerika Serikat (AS) dan sekutunya.

Hubungan yang baru saja terjalin adalah dengan salah satu anggota Eropa ini, yakni Lihuania salah satunya.

Mengutip dari Reuters, Sabtu (30/10/2021), China pada Sabtu memperingatkan pejabat Lituania dan Eropa untuk tidak mengganggu hubungan atas keputusan Taiwan dan negara Baltik itu untuk membuka kantor perwakilan timbal balik.

China pada bulan Agustus menuntut agar Lithuania menarik duta besarnya di Beijing.

Baca Juga: Skenario Perang Taiwan, AS Punya Opsi Menguntungkan untuk Pecundangi Militer China

Lithuania juga mengatakan akan memanggil kembali utusan China untuk Vilnius setelah Taiwan mengumumkan bahwa kantornya di Vilnius akan disebut Kantor Perwakilan Taiwan di Lithuania.

Kantor Taiwan lainnya di Eropa dan Amerika Serikat menggunakan nama kota Taipei, menghindari referensi ke pulau itu sendiri, yang diklaim China sebagai wilayahnya sendiri.

Lithuania mengatakan awal tahun ini pihaknya berencana untuk membuka kantor perwakilan di Taiwan, sebuah keputusan yang juga membuat marah Beijing.

China "dengan tegas menentang" kontak resmi antara negara-negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan China dan pihak berwenang di Taiwan, Wang Wenbin, seorang juru bicara kementerian luar negeri mengatakan dalam sebuah pernyataan di situsnya.

Baca Juga: Wilayah LauT Taiwan Jadi Medan Perang Dunia 3? Dua Kekuatan Militer Besar Kepergok Saling Arahkan Moncong Kapal, Aliansi Sekutu AS vs Aliansi China & Rusia?

"Kami mendesak pemerintah Lituania untuk mematuhi komitmen politik serius yang dibuat ketika menjalin hubungan diplomatik dengan China dan tidak membuat keputusan salah yang tidak dapat diubah," kata Wang.

"Pihak Eropa harus mengambil posisi yang benar dan mencegah campur tangan dalam perkembangan hubungan China-Uni Eropa yang sehat."

Kantor berita resmi China Xinhua mengatakan komentar Wang mengikuti surat bersama dari presiden Dewan Eropa dan Komisi Eropa yang menyatakan keprihatinan atas kritik China terhadap kantor perwakilan.

Meski demikian, hubungan Taiwan danLithuania makin dekat.

Baca Juga: Joe Biden Makin Galak! Tegaskan Siap Bantai China Jika Perang Panas Meletus!

MOFA via Taiwan News

Delegasi memberi hadiah kepada Lithuania dengan 10 drone polisi produksi dalam negeri atas nama pemerintah Taiwan.

Delegasi Taiwan bahkan telah memberi Lithuania 10 drone polisi dan 400 selimut ramah lingkungan, melansir Taiwan News, Kamis (28/10/2021).

Institut Penelitian Teknologi Industri Taiwan (ITRI) telah menandatangani nota kesepahaman (MOU) dengan Enterprise Lithuania dan Invest Lithuania untuk mempromosikan kolaborasi di bidang semikonduktor dan pengembangan bioteknologi.

Drone polisi diproduksi di dalam negeri dan diberikan atas nama pemerintah Taiwan, kata Kementerian Luar Negeri (MOFA) dalam siaran pers.

Baca Juga: Situasi Dekat Laut China Selatan Memanas, Diam-diam AS dan Kanada Telah Kirim Kapal Perang Untuk Hadapi Tiongkok? Perang Makin Dekat!

Untuk memperluas siklus positif kebaikan dan persahabatan dengan Lituania, Taiwan bertujuan untuk membantu negara Baltik tersebut melindungi perbatasannya dengan drone dan memberikan bantuan kepada para pengungsi dan yang kurang mampu dengan selimut.

MOFA memuji Lithuania karena berpegang pada nilai-nilai demokrasi dan kebebasan dalam menghadapi ancaman politik, diplomatik, dan ekonomi gabungandandisinformasi dari negara-negara otoriter serta krisis migran.

Ini menyoroti dukungan Lithuania untuk Taiwan secara internasional dan sumbangannya yang murah hati berupa 260.000 dosis vaksin COVID-19 ke negara itu, dengan mengatakan pihaknya menantikan peningkatan pertukaran dan kemitraan dengan Lithuania di masa depan.

Baca Juga: Digeruduk Kapal Perang AS dan Kanada di Selat Taiwan, China Bodo Amat!

Sementara itu, Kementerian Perekonomian (MOEA) mengumumkan bahwa ITRI, Enterprise Lithuania, dan Invest Lithuania telah secara resmi sepakat untuk bekerja sama dalam pengembangan industri semikonduktor dan bioteknologi serta pertukaran bakat.

Berita ini muncul setelah R&D World mengumumkan ITRI ​​sebagai pemenang tiga Penghargaan R&D 100 2021 untuk Bahan dan Struktur Biomimetik Pencetakan 3D untuk Integrasi Jaringan (BioMS-Ti), SARJ, dan Tongkat Air Ubiquitous (UWAW).

Baca Juga: Perang Dunia 3, China Tembakkan Rudal Hipersonik ke Seluruh Bumi, AS Ngacir Ketakutan hingga Taiwan di Ambang 'Kiamat'

Dalam forum perdagangan dan investasi yang diselenggarakan oleh Menteri Ekonomi dan Inovasi Lithuania Ausrine Armonaite, perwakilan dari kedua negara meninjau kendaraan listrik, laser, bioteknologi, dan industri pertanian pada Rabu (27 Oktober). Pada hari yang sama, perwakilan juga menghadiri “Konferensi Kerjasama Ekonomi Taiwan-Lithuania” yang pertama.

(*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Reuters, intisari-online, Taiwan News

Baca Lainnya