Makanya China Minta Damai Dengan Taipei, Taiwan Disebut Sosok Presiden Tsai Ing-wen Sudah Miliki Rudal yang Bisa Hantam Beijing Dengan Sekejap

Senin, 11 Oktober 2021 | 16:59
focustaiwan.tw

Makanya China Minta Damai Dengan Taipei, Taiwan Disebut Sosok Presiden Tsai Ing-wen Sudah Miliki Rudal yang Bisa Hantam Beijing Dengan Sekejap

Sosok.ID - Presiden China, Xi Jinping baru-baru ini mengungkapkan sumpahnya yang berjanji akan persatukan Tiongkok dan Taiwan dengan cara damai.

Hal itu berurutan setelah sejumlah ancaman dilakukan oleh jet tempur China ke wilayah Taiwan.

Tak main-main ratusan jet tempur Tiongkok dikabarkan telah ancam kedaulatan wilayah Taiwan dalam jangka waktu sebentar.

Ternyata apa yang dilakukan oleh China tersebut diam-diam juga dibalas oleh Taiwan.

Baca Juga: Setelah Tahu AS Diam-diam Latih Militer Taiwan Untuk Hadapi China, Presiden Xi Jinping Bersumpah Tak Mau Perang Dengan Taipei, Takut Kalah?

Beberapa hari sebelum pengumuman mengenai pernyataan Xi Jinping yang ingin ambil jalur darat untuk merebut Taiwan. ternyata fakta militer baru muncul.

Yakni Taiwan secara diam-diam diberi pelatihan militer oleh pasukan khusus Amerika Serikat (AS).

Pernyataan damai yang diungkapkan oleh Xi Jinping beberapa hari lalu ternyata tak membuat tensi panas kedua negara menurun.

Taiwan dilaporkan tengah mengembangkan rudal yang bisa menghantam ibu kota China Beijing, babak baru dalam ketegangan keduanya.

Baca Juga: Tsai Ing-Wen Tidak Ingin Terjadi Tumpah Darah dengan China, Tapi Tegaskan Taiwan Sudi Lakukan Apa pun Demi Merdeka!

Bernama The Yun Feng, misil itu diklaim juga bisa menyerang beberapa kota penting "Negeri Panda", di tengah ancaman invasi.

Klaim wilayah memang sudah terjadi antar kedua negara selama beberapa tahun terakhir.

Bahkan secara terang-terangan Negeri Panda mengembangkan rudal hipersonik untuk menghantam negara tetangganya itu.

Tetapi Taipei merespons dengan mereka dilaporkan juga menguji coba persenjataan untuk mengimbangi negara adidaya tersebut.

Baca Juga: Dunia Kadung Ketar-ketir Perang, Xi Jinping Mendadak Bersumpah Satukan Taiwan dengan 'Damai': Tanpa Partai Komunis, Tidak Ada China Baru!

Yun Feng, berarti Puncak Awan, bisa menjangkau jarak hampir 2.000 km, menurut studi dari Center for Strategic and International Studies.

Proyek tersebut dilakukan secara rahasia. Bahkan muncul laporan mereka sudah mengujicobanya pada tahun lalu, meski dibantah Taipei.

Kini, Menteri Pertahanan Chiu Kuo-cheng menyebutkan proyek itu saat rapat dengar pendapat dengan komisi pertahanan nasional dan komisi keuangan parlemen.

Dikutip Taipei Times, Chiu tetap bungkam saat ditanya detilnya, dan hanya menyatakan militer tengah mengerjakannya.

Baca Juga: Tak Gentar Digertak Ratusan Jet China, Diam-diam Taiwan Telah Dilatih Kemiliteran Oleh Salah Satu Negara Degan Kekuatan Perang Terbesar di Dunia Ini!

Kabar itu di tengah pernyataan Presiden Tsai Ing-wen, bahwa Beijing "bermain api" dengan meningkatkan ketegangan.

"Agresi China sudah meremehkan perdamaian dan stabilitas regional," kata dia di hadapan anggota Partai Demokrasi Progresif.

Tsai memeringatkan supaya Beijing menarik diri dari tindakan yang memicu konflik, dilansir The Sun Sabtu (9/10/2021).

Baca Juga: Taiwan Ketar-ketir, Akui China Mampu Lakukan Penyerangan dan Invasi Skala Penuh pada 2025

Pada awal pekan ini, Menhan Chiu sempat berseloroh "Negeri Panda" baru menginvasi negaranya pada 2025, atau empat tahun mendatang.

"Dalam pandangan saya sebagai orang militer, ancaman itu nyata di depan saya," tegasnya dalam wawancara dengan ABC.

(*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Taipei Times, ABC, The Sun

Baca Lainnya