China Makin Nekat? Pemerintahan Taliban di Afghanistan Belum Diakui Dunia Internasional, Tiongkok Blak-blakan Beri Dukungan, Cari Aliansi Perang?

Kamis, 19 Agustus 2021 | 18:31
The Guardian

China Makin Nekat? Pemerintahan Taliban di Afghanistan Belum Diakui Dunia Internasional, Tiongkok Blak-blakan Beri Dukungan, Cari Aliansi Perang?

Sosok.ID - Kelompok bersenjata, Taliban kini tengah jadi sorotan publik dunia setelah berhasil ambil alih pemerintahan Afghanistan setelah 20 tahun.

Keributan pun terjadi hampir di seantero Afghanistan setelah Taliban berhasil menguasai sejumlah kota-kota penting di negara tersebut.

Bahkan apa yang dilakukan Taliban itu kini membuat sebagian besar warga Afghanistan harus kabur dari negaranya.

Tak sampai di situ saja, pemimpin tertinggi pemerintahan Afghanistan pun juga ikut mencari suaka.

Baca Juga: Taliban Afghanistan Bakal Ikuti Jejak Indonesia? Sosok Mantan Wapres RI Ini Buktikan Pengaruh Indonesia Pada Kelompok Milisi: Dia Mengunjungi Pesantren-pesantren (Indonesia)

Dikonfirmasi bahwa Presiden Afghanistan saat ini telah kabur ke Uni Emirat Arab (UEA).

Publik dunia pun kini tengah dibingungkan mengenai kelompok manakah yang bakal diakui sebagai pemegang pemerintahan resmi di Afghanistan.

Meski belum secara resmi diakui oleh dunia internasional soal kepemimpinan di pemerintahan.

Ternyata Taliban telah mendapat dukungan dari salah satu negara yang memiliki kekuatan militer cukup kuat.

Baca Juga: Tentara Uni Soviet dan AS Sampai Kocar-kacir Pulang ke Negaranya, Ternyata Ini Penyebab Sulitnya Taliban Dilibas di Afghanistan!

Pemerintah China secara resmi menyatakan dukungannya kepada Afghanistan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian dalam konferensi pers yang dikutip dari tayangan video di kanal YouTube Kompas TV Kamis (19/8/2021).

Zhao dengan tegas mengatakan, China akan menjunjung tinggi kebijakan bersahabat dengan rakyat Afghanistan.

"China menjunjung tinggi kebijakan bersahabat terhadap seluruh rakyat Afghanistan. Ini tidak akan pernah berubah," kata Zhao dalam koferensi pers.

Baca Juga: Jadi Salah Satu yang Paling Dicari Dan Hanya Ditemukan Rekaman Suaranya, AKhirnya Sosok Juru Bicara Taliban Muncul Setelah Afghanistan Jatuh

Dukungan dari pemerintah China disampaikan dalam rangka menyikapi kondisi Afghanistan yang kini telah dikuasai oleh kelompok militan Taliban.

Zhao menyebutkan pemerintah China akan mendukung adanya perdamaian dan upaya rekonstruksi di Afghanistan.

Dukungan tersebut pun nantinya akan diwujudkan dalam bentuk bantuan pembangunan dan ekonomi.

Baca Juga: Taliban Makin Ganas Rebut Banyak Kota, Akhirnya Tentara Afghanista Buka Suara Penyebab Kekalahan Mereka: Pasukan Kami Disalahgunakan

Menurut Zhao, bantuan dari pemerintah China diberikan karena mereka merasa mampu untuk untuk membantu Afghanistan.

Baca Juga: AS Bukan Pemegang Militer Terhebat, Pasukan Taliban Buktikan Saat Buat Tentara Afghanistan yang Dilatih Amerika Kocar-kacir, Perang Saudara Pecah!

"China akan terus mendukung perdamaian dan rekonstruksi di Afghanistan dan memberikan bantuan untuk pembangunan sosial dan ekonomi di Afghanistan karena kemampuan kami memungkinkan," terang Zhao.

(*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Tribunnews.com, Kompas TV

Baca Lainnya