Papasan di Tengah Laut, Kapal Rusia Jatuhkan Bom dan Luncurkan Tembakan ke Kapal Perang Inggris, Eropa Memanas?

Kamis, 24 Juni 2021 | 16:31
Tangkap layar Expree.co.uk

(ilustrasi) Paspasan di Tengah Laut, Kapal Rusia Jatuhkan Bom dan Luncurkan Tembakan ke Kapal Perang Inggris, Eropa Memanas?

Sosok.ID - Sebuah kabar menggemparkan publik dunia saat Angkatan Laut Rusia nekat jatuhkan bom dan luncurkan tembakan saat berpapasan dengan kapal perang Inggris.

Hal itu terjadi saat kapal perusak HMS Defender milik Ratu Elizabeth dikabarkan melintasi kawasan dekat dengan Laut Hitam.

Moskwa bahkan sampai mengirim kapal perang mereka termasuk juga pesawat jet tempur untuk menghadang Angkatan Laut Inggris.

Tak sampai di situ saja, bantahan keras pun diungkapkan oleh Kementerian Pertahanan Inggris atas insiden penembakan tersebut.

Baca Juga: Militer Terkuat Nomor 2 Dunia, Rusia Kembangkan Robot Bawah Air dan Udara sebagai Fitur Kapal Perang Masa Depan

Menurut London, HMS Defender kala itu hanya melewati perairan Ukraina bukan Rusia.

Ketegangan negara-negara di bawah naungan NATO dengan Rusia pun makin meruncing setelah insiden penembakan dan penjatuhan bom di dekat kapal perang Inggris ini.

Menteri Pertahanan Ben Wallace mengatakan, kapal perusak yang diluncurkan pada 2009 itu berlayar dari Odesa.

"Pagi ini, HMS Defender berlayar dari Odesa menunju Georgia melewati Laut Hitam," kata Wallace dilansir The Sun Rabu (23/6/2021).

Baca Juga: Taktik Island Encirclement. Strategi China Binasakan Taiwan

Menurut Wallace, kapal perang kelas Daring ini melintasi perairan dekat Crimea yang masih terhitung kawasan internasional.

"Di tengah pelayaran rutinitas, perjalanan kapal kami dibuntuti Rusia, dan diberi tahu mengenai latihan yang dilakukan lawan.

Namun demikian berbeda dengan penuturan beberapa media di Rusia yang memberikan versi lebih dramatis mengenai kejadian di dekat Crimea.

Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, berdasarkan laporan yang diterima, kapal Type-45 ini melintas di wilayah mereka yakni di Cape Fiolent.

Baca Juga: Sepakat Perkuat Pertahanan, Amerika-Taiwan Buat Panas China

Hal itupun memicu kemarahan Rusia hingga memerintahkan Angkatan Laut merekan untuk memberi peringatan keras dengan menjatuhkan bom serta tembakan peringatan.

Diketahui bahwa Rusia pun langsung mengirimkan jet tempur Sukhoi Su-24 yang diberi tugas menjatuhkan setidaknya 4 bom di jalan yang hendak dilewati kapal Inggris ini.

Pernyataan saling klaim pun langsung dikeluarkan oleh kedua negara yang memiliki kekuatan militer besar tersebut.

"Kapal Angkatan Laut Inggris tetap tidak bersalah dalam melanjutkan perjalanan ke teritorial Ukraina sesuai hukum internasional," kata London.

Baca Juga: China Bakal Keras Kepada Siapapun Jikalau Ikut Campur Masalah Taiwan

Menurut Inggris bahkan Rusia memang sengaja mengelurkan tembakan saat kapal mereka melintas.

Tetapi hal tersebut dikatakan hanya sebatas latihan menembak yang dilakukan oleh pihak Rusia.

Baca Juga: Propaganda China, Sebar Poster Bergambar Serangan Beijing Membumihanguskan Taiwan

Selain itu Inggris juga tak menyinggung perihal dijatuhkannya 4 bom oleh pesawat Sukhoi milik Rusia.

(*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : The Sun

Baca Lainnya