China Terbitkan Catatan Pengusiran Jet Tempur Asing, Pilot PLA Siap Perang vs AS di Udara: Saya akan Bertarung!

Senin, 21 Juni 2021 | 18:00
Ahval News

Ilustrasi jet tempur

Sosok.ID - China baru-baru ini menerbitkan catatan penerbangan jet tempurnya mengusir pesawat tempur asing dari wilayah yang dianggap sebagai Laut China Selatan pada Mei 2020.

Melansir pemberitaan Global Times, 20 Juni 2021, ini merupakan langkah yang mengirim sinyal kuat ke AS, karena AS menggandakan pendekatannya yang berisiko dan provokatif.

Para ahli China mengatakan upaya pengintaian di China di wilayah yang di sengketakan tahun ini lebih provokatif ketimbang tahun lalu.

Pilot China mengatakan kesiapannya untuk bertempur dengan pesawat asing jika mereka tidak mundur.

Baca Juga: Peringatan! China Tak Segan Balas dengan Reaksi Keras Berujung Perang Jika Referendum Taiwan Diumumkan

China Central Televisi (CCTV) melaporkan pada hari Sabtu (19/6/2021) bahwa beberapa pesawat militer asing terlihat melakukan pengintaian jarak dekat di China pada Mei 2020.

Selain itu sebuah brigade angkatan udara yang tergabung dalam Angkatan Udara Komando Teater Selatan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) yang ditempatkan di pangkalan udara garis depan pantai ditugaskan untuk terlibat.

Laporan menyebut pilot Lu Geng, kepala kelompok udara brigade, segera memimpin kelompok itu dalam pertempuran untuk melawan pesawat musuh, dan berhasil mengusir mereka.

Baca Juga: China Akui Pilot Kondang Angkatan Udara Mereka Dikalahkan oleh 'Musuh' Berupa Robot dalam Pertempuran Jet Tempur

Pesawat-pesawat tempur yang diterbangkan Lu dan kelompoknya adalah jet tempur Su-30, yang meluncur melewati pulau-pulau dan terumbu karang di Laut Cina Selatan.

"Ini Angkatan Udara PLA. Anda akan memasuki wilayah udara China. Segera pergi!" ujar mereka dalam komunikasi radio menggunakan bahasa Inggris dan Cina.

Terlepas dari peringatan tersebut, pesawat tempur asing bersikeras untuk mendekat dengan bergantian menangani pesawat PLA.

Setelah menugaskan wingmannya untuk terus melacak pesawat asing dan mengambil bukti video, Lu bermanuver ke posisi yang menguntungkan, mengunci target dan membuat gerakan menyerang tiruan.

Baca Juga: Tabuh Genderang Perang, China Persiapkan Pilot Robot Untuk Jet Tempur, Diklaim Mampu Tumbangkan Pesawat Tempur Musuh yang Dikemudikan Manusia, Ini Kelebihannya!

Hal ini membuat pesawat militer asing menyadari bahwa mereka berada pada posisi yang kurang menguntungkan.

Setelah beberapa kali gagal untuk melepaskan diri dari Lu, pesawat musuh tidak punya pilihan selain mundur, saat Lu dan rekan-rekannya menyelesaikan misi dalam menjaga kedaulatan udara China, CCTV melaporkan.

Mengingat pertemuan itu, Lu mengatakan bahwa, "Jika (mereka) telah memulai pertarungan, saya akan bertarung. Pilot siap setiap saat, dan tidak ada yang perlu diragu-ragukan."

Laporan CCTV tidak mengidentifikasi kewarganegaraan pesawat tempur asing, tetapi pengamat mengatakan mereka sangat mungkin dari AS, karena telah melakukan kegiatan pengintaian jarak dekat yang semakin sering di China sejak awal 2020.

Baca Juga: Sekutu AS Berbondong-bondong Bantu Taiwan Pecundangi China, Dukungan G7 Bisa Ancam Keamanan Taipe

Pada Mei 2020, AS mengirim setidaknya 35 pesawat mata-mata besar ke Laut China Selatan, menurut pemantauan Inisiatif Penyelidikan Situasi Strategis Laut China Selatan (SCSPI), sebuah think tank yang berbasis di Beijing.

Pada bulan yang sama tahun ini, AS menggandakan upaya dengan mengirimkan setidaknya 72 pesawat mata-mata ke wilayah tersebut, menurut SCSPI.

AS telah mengirim pesawat pengintai elektronik dan pesawat anti-kapal selam untuk operasi pengintaian jarak dekat di China yang berusaha mengumpulkan intelijen di PLA dan menahan kegiatan militer China, Xu Guangyu, penasihat senior Asosiasi Kontrol dan Perlucutan Senjata China, mengatakan Global Times pada hari Minggu (20/6).

Penting untuk mengambil tindakan pencegahan terhadap kegiatan-kegiatan yang mengancam keamanan nasional ini dengan cara termasuk mengusir mereka, kata Xu.

Baca Juga: Gertak Sambal Bak Bukan Gayanya, China Kirim 28 Jet Tempur ke Taiwan, Pelontar Nuklir Bobol Langit Taipei, Serangan Udara Terbesar di Tahun 2021

Pengungkapan pertemuan itu ke publik setahun setelah kejadiannya adalah sinyal kuat yang dikirim ke aktivitas pengintaian jarak dekat AS yang masih meningkat.

Analis menilai peningkatan kemampuan PLA untuk melindungi tanah air mereka, peringatan akan tingginya risiko kegiatan militer AS yang provokatif.

Komunitas internasional harus tahu lebih banyak tentang ancaman strategis yang terus-menerus diajukan AS ke China, dan bahwa ASlah yang telah membuat provokasi, kata Xu.

Lu sudah tidak asing lagi di mata publik sebagai penjaga Laut Cina Selatan.

Baca Juga: Taktik Island Encirclement. Strategi China Binasakan Taiwan

Global Times melaporkan, dia dan rekan-rekannya memecahkan rekor PLA dalam durasi penerbangan dalam satu serangan mendadak menggunakan jet tempur dengan menyelesaikan misi patroli bersenjata 10 jam ke pulau-pulau dan terumbu paling terpencil di Laut Cina Selatan pada awal 2020. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Global Times

Baca Lainnya