Lawan Jadi Kawan, KKB Papua Kini Terseok-seok, Pengintai dan Pencari Dana Andalan Lekagak Telenggen Tobat, Ancamannya ke TNI Cuma Gertak Sambal

Rabu, 19 Mei 2021 | 15:03
dok. TPNPB - OPM

Ilustrasi KKB Papua atau Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB - OPM) saat berpose dengan senjata laras panjang.

Sosok.ID - Pergerakan KKB di Papua kini kian tergencet.

Dilansir Sosok.ID dari Tribun Papua, Satgas Nemangkawi TNI-Polri baru saja menyerang kelompok bersenjata pada Minggu (16/5/2021).

Dilaporkan 3 dari anggota kelompok bersenjata di Papua tewas saat kontak senjata dengan pasgab TNI-Polri di Mayumberi, Papua.

Sedangkan 3 anggota lainnya, justru menyerahkan diri ke Satgas Nemangkawi.

Baca Juga: Jika PBB Acuhkan Permintaannya, KKB Tak Bakal Pandang Bulu, Ancam Akan Musnahkan Orang Jawa di Papua, Sasarannya Bukan Cuma Anggota Militer

Mengutip GridHot.ID, Rabu (19/5/2021) diketahui 3 anggota yang menyerahkan diri adalah anak buah KKB Papua pimpinan Lekagek Telenggen.

Sebelumnya, Lekagek Telenggen juga sudah kehilangan 2 anggotanya yang tewas saat kontak senjata dengan TNI pada Kamis (13/5/2021) lalu.

Bahkan kabarnya, salah satu korban yang tewas itu adalah Lesmin Waker, Komandan pasukan KKB pimpinan Lekagak Telenggen.

Kini usai kehilangan banyak anggota, posisi KKB Papua makin goyah.

Baca Juga: Tinggal Menunggu Waktu, KKB Papua Diultimatum Segera Menyerahkan Diri, Kapolda: Kita Sedang Tutup Rapat Jalur Mereka

Dilansir Sosok.ID dari Surya, Rabu (19/5/2021) 3 anggota KKB yang menyerahkan diri itu berinisial YAW (34), MM (17) dan OM (41).

Ketiga mantan anak buah Lekagak Telenggen itu menyerahkan diri pada aparat TNI Satgas Yonif 715/Mtl saat melaksanakan patroli keamanan di Kampung Tanah Merah, Sabtu (15/5/2021).

Di depan Satgas TNI, mantan anak buah Lekagak Telenggen ini bongkar semua strategi dan kekuatan kelompoknya untuk melawan aparat.

Berdasarkan keterangan dari Kapen Kogabwilhan III Kolonel Czi IGN Suristiawa, 3 mantan anak buah Lekagak Telenggen itu memiliki tugas masing-masing saat masih di KKB.

“Tiga orang yang menyerahkan diri itu merupakan anggota kelompok teroris Lekagak Telenggen,” kata Suriastawa dalam keterangannya, Minggu (16/5/2021).

Baca Juga: AK-47 Digondol Seorang KKB Papua yang Kocar-kacir Bersimbah Darah Tinggalkan 2 Mayat Anak Buah Lekagak Telenggen, TKP Tembak Senjata Sisakan Bukti-bukti!

YAW selama ini bertugas sebagai pemantau aparat keamanan yang akan masuk ke Kampung Tigilobak.

Sedangkan MM bertugas pencari logistik dan dana yang begitu diandalkan dari masyarakat.

Sementara OM sebagai pendamping saat YAW dan MM melaksanakan tugas.

Dari pengakuan 3 mantan anak buah Lekagak Telenggen ini, diketahui kondisi KKB saat ini sedang melemah.

Segala ancaman yang dikoar-koarkan pada pasgab TNI-Polri selama ini seolah cuma gertak sambal.

Baca Juga: Mainnya Jago Kandang Tantang TNI Duel, KKB Papua Melempem Dihajar Kekuatan Pasgab, Ajudan Komandan Pasukan Lekagak Telenggen Tewas Usai Kontak Senjata

Selain menyerahkan diri, 3 mantan anak buah Lekagak Telenggen ini juga menyerahkan senjata yang mereka milik.

Mulai dari senapan angin, golok, anak panah, amunisi SS2 dan sofgun, beberapa dokumen dan perlengkapan lainnya, seperti ransel, HP, dan lain-lain.

"Saat ini, ketiga anggota KKB dan barang bukti sudah diserahkan kepada Satgas Nemangkawi Polri untuk pemeriksaan dan proses lebih lanjut," tambah Suriastawa.

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Surya, GridHot.ID

Baca Lainnya