Pantang Pupus Harapan Meski Status KRI Nanggala 402 Dinyatakan Tenggelam, Istri Kopda Mes Khoirul Faizin Yakin sang Suami Bakal Pulang: Anak-anak Sudah Kangen

Minggu, 25 April 2021 | 09:47
Kompas.com/CYPRIANUS ANTO SAPTOWALYONO

Kapal Selam KRI Nanggala-402

Sosok.ID - Istri Kopda Mes Khoirul Faizin, ABK kapal KRI Nanggala 402 masih memiliki harapan sang suami akan pulang.

Status KRI Nanggala 402 yang hilang kontak di perairan utara Bali sejak Rabu (21/4/2021) kini dinyatakan tenggelam.

Bukti-bukti otentik yang ditemukan tim pencarian di lapangan dinilai cukup menguatkan untuk menaikkan status yang semula submiss (hilang) menjadi subsunk (tenggelam).

Kapal selam TNI Angkatan Laut (AL) itu terdeteksi tenggelam di kedalaman 850 meter akibat retakan besar.

Baca Juga: Perjalanan KRI Nanggala 402, Kiprah 40 Tahun dalam Senyap Jaga Perairan Indonesia, Diturunkan Saat Sengketa dengan Malaysia

Dilansir Sosok.ID dari Kompas.com, hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono dalam konferensi pers di Bali, Sabtu (24/4/2021).

"Dengan adanya bukti otentik Nanggala, maka pada saat ini kita isyaratkan dari submiss menjadi subsunk," katanya, seperti dikutip Sosok.ID dari Kompas.com.

Soal kondisi 53 kru kapal, Yudo mengaku tak bisa menduga-duga palagi memastikannya.

Menurutnya, cadangan oksigen bisa bertahan hingga lima hari.

Baca Juga: Pencarian 72 Jam, KRI Nanggala-402 Dipastikan Tenggelam, Sejumlah Barang Temuan Jadi Bukti, di Antaranya Ada Alat Sholat Milik ABK

Namun, bila dalam kondisi blackout, cadangan oksigen hanya tersisa 72 jam sejak dinyatakan hilang.

"Ketika masih ada kelistrikan ini bisa sampai lima hari, dan kita tak bisa menentukan apakah kemarin blackout atau tidak," ujarnya.

Kendati demikian, harapan istri Kopda Mes Khoirul Faizin tentang keselamatan sang suami tak pupus.

SURYA.CO.ID/M Sudarsono
SURYA.CO.ID/M Sudarsono

Istri Kopda Mes Khoirul Faizin, Alifatuz Zuhria duduk bersama anaknya saat didatangi kerabat untuk memberikan dukungan dan semangat, Sabtu (24/4/2021).

Alifatul Zuhria (35) yakin bahwa suaminya akan segera pulang dan menemui anak-anak mereka, Friska (10), Gina (8), dan Altof (3).

Baca Juga: Mantan KKM KRI Nanggala-402 Ungkap Kunci Keselamatan Kapal Selam Buatan Jerman Saat Black Out Berada di Tangan Kru: Anak Buah Kapal Selam Harus Hafal Semua Peralatan dan Apa Fungsinya

"Berharap suami bisa pulang dengan selamat, anak-anak sudah kangen," katanya saat ditemui Surya.co.id, Sabtu (24/4/2021).

Usai KRI Nanggala 402 dinyatakan tenggelam, tetangga dan kerabat Kopda Mes Khoirul Faizin tampak berdatangan ke kediamannya.

Mereka datang ke rumah yang berlokasi di Desa Ngraseh, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur itu untuk memberi semangat kepada Alifatul Zuhria dan anak-anaknya.

Alifatul Zuhria mengaku tak memiliki firasat apapun sebelum insiden KRI Nanggala 402 hilang kontak hingga dinyatakan tenggelam.

Baca Juga: Terdeteksi di Kedalaman 850 Meter, KRI Nanggala 402 Naik Status menjadi Subsank, Sejumlah Barang Ditemukan: Kami Berjuang Keras

Tap ia masih ingat betul pertemuan terakhir dengan sang suami saat sahur pada hari Senin sebelum berangkat bekerja.

Ia bahkan sempat menerma pesan WhatsApp dari sang suami pukul 10.00 WIB.

"Saya tidak merasakan firasat apapun sebelumnya, sempat berkomunikasi sebelum berlayar," tutur Alifatuz Zuhria menahan isak tangis.

(*)

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Sumber : Kompas.com, Surya.co.id

Baca Lainnya