Myanmar, Anak-anak Terbunuh di Hari Paling Berdarah sejak Kudeta, 114 Warga Tewas di Tangan Militer

Minggu, 28 Maret 2021 | 19:00
Tangkapan layar/24h

Ilustrasi - Kudeta Myanmar

Sosok.ID - Pasukan keamanan Myanmar melepaskan tembakan pada hari Minggu (28/3/2021), dikutip dari Reuters.

Hal itu disampaikan oleh saksi mata kepada orang-orang yang berkumpul untuk pemakaman salah satu dari 114 orang yang tewas pada hari sebelumnya, menandai sebagai hari protes paling berdarah sejak kudeta militer pada 1 Februari.

Reuters, disadur Sosok.ID melaporkan bahwa tidak ada laporan tentang korban dalam penembakan di pemakaman di kota Bago, dekat ibukota komersial Yangon.

"Saat kami menyanyikan lagu revolusi untuknya, pasukan keamanan baru saja datang dan menembak kami," kata seorang wanita bernama Aye, yang melayani Thae Maung Maung, seorang siswa berusia 20 tahun yang ditembak pada hari Sabtu.

Baca Juga: Makin Sadis, Junta Militer Myanmar Kini Kepergok Tembak Mati Bocah 7 Tahun yang Sedang Berlari Menuju ke Ayahnya, Begini Kronologinya!

"Orang-orang, termasuk kami, lari saat mereka melepaskan tembakan," lanjutnya.

Dua orang tewas dalam penembakan pada protes Minggu dalam insiden terpisah di tempat lain, kata saksi dan laporan berita setempat.

Satu orang tewas ketika tentara melepaskan tembakan ke sekelompok pengunjuk rasa di dekat ibu kota Naypyitaw, lapor berita Myanmar Now.

Sejauh ini pada hari Minggu tidak ada laporan tentang protes berskala besar di Yangon atau di kota kedua negara itu, Mandalay, yang menanggung paling berat dari korban pada hari Sabtu, Hari Angkatan Bersenjata Myanmar.

Baca Juga: Gegara Video Viral di TikTok, Myanmar di Ujung Perang Saudara Polisi dan Sipil Duel Senapan vs Pisau, Begini Kronologinya!

Pada protes paling berdarah Sabtu (27/3/2021), pemakaman diadakan di banyak tempat.

Setidaknya enam anak berusia antara 10 dan 16 tahun termasuk di antara mereka yang tewas pada hari Sabtu, menurut laporan berita dan saksi mata.

Pertumpahan darah tersebut mengundang kecaman baru dari Barat. Pelapor Khusus PBB untuk Myanmar mengatakan tentara melakukan "pembunuhan massal" dan meminta dunia untuk mengisolasi junta dan menghentikan aksesnya ke senjata.

Kritik dan sanksi asing yang dijatuhkan oleh beberapa negara Barat sejauh ini telah gagal mempengaruhi para pemimpin militer, seperti yang terjadi hampir setiap hari di seluruh negeri sejak junta mengambil alih kekuasaan dan menahan pemimpin terpilih Aung San Suu Kyi.

Baca Juga: Masih Membara, Myanmar Bak Medan Perang Karena Junta Militer Melakukan Penembakan kepada Warga Sipil

“Kami memberi hormat kepada pahlawan kami yang mengorbankan nyawa selama revolusi ini dan Kami Harus Memenangkan REVOLUSI Ini,” salah satu kelompok protes utama, Komite Pemogokan Umum Nasional (GSCN), memposting di Facebook.

Sabtu juga merupakan pertempuran terberat sejak kudeta antara tentara dan kelompok etnis bersenjata yang menguasai sebagian besar negara itu.

Jet militer telah menewaskan sedikitnya tiga orang dalam serangan di sebuah desa yang dikendalikan oleh kelompok bersenjata dari minoritas Karen.

Hal itu disampaikan oleh sebuah kelompok masyarakat sipil pada Minggu, setelah faksi Serikat Nasional Karen sebelumnya mengatakan telah menyerbu sebuah pos militer di dekat perbatasan Thailand yang menewaskan 10 orang.

Baca Juga: Keras, Militer Myanmar Pakai Taktik Mematikan untuk Membunuhi Demonstran Pro Demokrasi

Serangan udara membuat penduduk desa melarikan diri ke hutan.

Pertempuran meletus pada hari Minggu antara kelompok bersenjata lainnya, Tentara Kemerdekaan Kachin, dan militer di daerah pertambangan batu giok Hpakant di utara.

Pasukan Kachin menyerang sebuah kantor polisi dan militer menanggapi dengan serangan udara, lapor media Kachinwaves.

Tidak ada laporan korban jiwa dalam serangan itu.

Sementara itu, juru bicara junta tidak menjawab panggilan untuk mengomentari pembunuhan atau pertempuran itu.

Baca Juga: Pengunjuk Rasa Anti-Kudeta Ditembak Mati, Korban Dibunuh Aparat Myanmar mencapai Skala Besar

Jenderal Senior Min Aung Hlaing, pemimpin junta, mengatakan dalam parade untuk memperingati Hari Angkatan Bersenjata bahwa militer akan melindungi rakyat dan memperjuangkan demokrasi.

Korban tewas pada hari Sabtu termasuk 40 orang di Mandalay dan setidaknya 27 di Yangon, kata Myanmar Now.

Korban itu menambah jumlah keseluruhan warga sipil yang dilaporkan tewas sejak kudeta menjadi lebih dari 440.

Negara-negara termasuk Amerika Serikat, Inggris dan Uni Eropa mengutuk keras kekerasan tersebut.

Baca Juga: 'Jika Saya Meninggal, Saya Menyumbangkan Organ Saya', Wasiat yang Ditulis Kyal Sin Sebelum Kepalanya Tertembak oleh Militer Myanmar di Tengah Demo

Pelapor Khusus PBB Tom Andrews mengatakan sudah waktunya bagi dunia untuk mengambil tindakan - jika tidak melalui Dewan Keamanan PBB kemudian melalui pertemuan puncak darurat internasional.

Dia mengatakan junta harus dipotong dari pendanaan, seperti pendapatan minyak dan gas, dan dari akses ke senjata.

"Kata-kata kecaman atau keprihatinan terus terang terdengar hampa bagi rakyat Myanmar sementara junta militer melakukan pembunuhan massal terhadap mereka," katanya dalam sebuah pernyataan.

Penasihat Khusus PBB untuk Pencegahan Genosida Alice Wairimu Nderitu dan Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Michelle Bachelet menyebut pembunuhan itu “tindakan memalukan, pengecut, brutal militer dan polisi, yang telah difilmkan menembaki pengunjuk rasa saat mereka melarikan diri, dan yang bahkan tidak menyisakan anak kecil”.

Baca Juga: Myanmar Rusuh, Singapura Minta Warganya Agar Segera Minggat dari Sana Demi Keselamatan Jiwa

Perwira tinggi militer dari Amerika Serikat dan hampir selusin rekannya mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa militer profesional harus mengikuti standar internasional untuk berperilaku "dan bertanggung jawab untuk melindungi - bukan merugikan - orang-orang yang dilayaninya".

Diketahui, militer mengambil alih kekuasaan Myanmar dengan mengatakan bahwa pemilihan November yang dimenangkan oleh partai Suu Kyi adalah penipuan.

Pernyataan itu ditolak oleh komisi pemilihan negara. Suu Kyi ditangkap dan tetap ditahan di lokasi yang dirahasiakan bersama dengan banyak tokoh lain di partainya. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Reuters

Baca Lainnya