Dikritik Keras, Psikolog Ini Beri Komentar Pedas Pada Luna Maya dan Deddy Corbuzier Saat Disebut Menghina Model yang Pernah Alami Gangguan Jiwa: Tipikal Kayak Ginilah!

Selasa, 23 Maret 2021 | 12:00
Kolase YouTube Luna Maya/ INTM/ Instagram mastercorbuzier

Dikritik Keras, Psikolog Ini Beri Komentar Pedas Pada Luna Maya dan Deddy Corbuzier Saat Disebut Menghina Model yang Pernah Alami Gangguan Jiwa: Tipikal Kayak Ginilah!

Sosok.ID - Luna Maya dan Deddy Corbuzier baru-baru ini di dapuk menjadi salah satu juri dalam ajang pencarian bakal model.

Dalam salah satu sesi, seorang kontestan sempat mengakui pernah mengalami gangguan jiwa yang berkenaan dengan pola makan.

Pengakuan itu juga diakui bahwa Luna Maya yang mengungkapkan pernah mengalami hal serupa.

Namun mantan pacar Ariel NOAH itu tak sadar bahwa hal seperti ini adalah salah satu ciri gangguan jiwa.

Baca Juga: Panas! Buka Polling Jelang Laga Catur Dewa Kipas VS GM Irene Sukandar, Deddy Corbuzier Syok Lihat Hasilnya yang Jomplang Jauh: Ini Gila..

Pernyataan itu diungkap dalam tayangan Youtube Indonesia's Next Top Models, Senin (22/3/2021).

Tetapi ungkapan itu membuat Luna Maya dan Deddy Corbuzier jadi cibiran banyak pihak lantaran tak toleransi pada sang kontestan.

Luna Maya dan Deddy Corbuzier dianggap tidak menghargai perihal kesehatan mental yang dialami oleh salah satu kontestan tersebut.

Ilene yang masuk top 5 INTM menceritakan tentang salah satu konsep fotonya di tepi pantai, dimana dia sekarang berhasil melawan depresi dan menerima dirinya apa adanya.

Baca Juga: Azka Corbuzier Buat Kalina Octaranny Menangis Sedih di Hari Pernikahannya Dengan Vicky Prasetyo, Anak Deddy Corbuzier Akhirnya Akui Menyesal, Ini Alasannya!

"Dulu pernah depresi tapi udah lewatin itu dan sekarang udah tahu siapa diri aku, aku kayak menghargai siapa aku sekarang," ujar Ilene, dikutip dari YouTube Indonesia's Next Top Models, Selasa (23/3/2021).

Deddy langsung memotong penjelasan Ilene dan mengaku heran kenapa bisa depresi, karena Ilene memiliki wajah cantik, tubuh tinggi.

Ilene menjelaskan kalau dia juga awalnya tidak tahu itu gangguan mental, dan baru tahu setelah mengunjungi psikolog.

"Diagnosanya eating disorder, kayak pernah dua kali. Yang pertama jadi pengin makan terus yang kedua enggak pengin makan apa-apa," kata Ilene.

Baca Juga: Bukan Air Mata Kebahagiaan, Kalina Ocktaranny Tertangkap Kamera Menangis di Atas Pelaminan dan Singgung Soal Anak Deddy Corbuzier, Ternyata Ini yang Dilakukan Azka!

(YouTube Indonesia's Next Top Model)
(YouTube Indonesia's Next Top Model)

Luna Maya dan Deddy Corbuzier

Luna Maya kemudian menanggapi ucapan Ilene dengan menyebut dirinya juga eating disorder karena banyak makan.

"Saya suka banget makan, jadinya saya eating disorder kali ya," ucap Luna. "Anda memang mental health," imbuh Deddy tertawa.

"Oh gitu ya," sambung Luna.

Kemudian Luna menanggapi ucapan Ilene dengan mengucap rasa tidak percayanya,"hah serius?" dan Ilene hanya bisa tersenyum.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Lepeh Mentah-mentah Status Kalina Ocktaranny sebagai Mantan Istri, Ogah Akui apalagi Ditanya Soal Gagalnya Pernikahan dengan Vicky Prasetyo

Ilene menceritakan bagaimana eating disorder itu pertama terjadi, dimana dia merasa tekanan di dunia model, bully dan body shaming membuatnya menjadi seperti itu.

Kemudian Deddy merespons dengan mengatakan itu sebagai hal yang wajar jika ada tuntutan di dunia kerja.

"Memang ketika menentukan sebuah profesi, tuntutannya jadi seperti itu, jadi saya tidak merasa itu sebagai body shaming kalau saya," ujar Deddy.

"Mungkin aku aja kurang kuat pada waktu itu," jawab Ilene.

Video Ilene itu rupanya menimbulkan keprihatinan warganet.

Mereka tak menyangka Deddy dan Luna bisa bicara seperti itu pada orang yang pernah mengalami gangguan mental, eating disorder.

Baca Juga: 'Anda Sok Kaya!' Deddy Corbuzier Naik Pitam Ingat Kelakuan Iis Dahlia Sambat Ngutang Tak Sanggup Bayar Cicilan Rumah Rp 250 Juta Saat Corona

Cuplikan video tersebut sontak membuat warganet pun geram pada dua juri ini hingga banyak kecaman yang dilontarkan di media sosial.

Salah satunya seperti kritik yang dilontarkan oleh salah satu psikolog di Rumah sakit yang berada di Bogor ini.

Jiemi Ardian, dalam unggahannya di Twitter pribadinya @jiemiardian mengungkapkan apa yang dilakukan oleh dua juri di ajang pencarian bakat model ini kadang dijadikan pemakluman.

Psikolog muda tersebut juga mengungkapkan apa itu Eating Disorder dalam unggahannya.

"Gangguan kejiwaan bisa menyerang siapa saja. Kaya-miskin, rupawan-biasa saja, religius-non religius, semua mungkin mengalami gangguan jiwa

Sayangnya seringkali orang yang mengalami gangguan jiwa disalahkan atas kondisinya. Tipikal kaya gini lah.

Baca Juga: Iis Dahlia Ngeri-ngeri Sedap Bayaran Fantastis Sebagai Penyanyi Tak Bisa Tutupi Cicilan Rumah Mewah Rp 250 Juta Perbulan, Deddy Corbuzier Beri Nasihat Menohok: Anda yang Salah

Gangguan makan itu bukan cuma urusan naik/turun berat badan

Dibaliknya ada- coping terhadap stressor- trauma- depression- anxiety disorder- social isolation- child maltreatment- peer pressure-dsb

Nggak bisa disederhanakan jadi kesalahan personal orang yang ngalamin.

Orang dengan eating disorder di Indonesia itu jarang yang sadar kalo ini gangguan jiwa. Di poli saya jarang banget nemuin orang dateng karna sadar dia ngalamin eating disorder.

Merendahkan pengalaman penyintas gini menyulitkan buat tenaga kesehatan edukasi soal eating disorder.

Baca Juga: Ngeri-ngeri Sedap Putrinya Pertama Kali Pacaran Langsung Kecantol Pria yang Lebih Tua 10 Tahun, Ibunda Agnez Mo Ternyata Selalu Temani sang Putri Saat Kencan dengan Deddy Corbuzier

Kalau ini memang scripted, semoga @netmedia_info bisa memperbaiki ini ke depannya. Kalau nggak scripted, juga sebaiknya kita sama-sama belajar sensitif terhadap tema gangguan jiwa.

Tidak ada kesehatan tanpa kesehatan jiwa.

Sekian."

Selain itu ada juga beberapa kritik pedas dari netizen mengenai lelucon Luna Maya dan Deddy Corbuzier tersebut.

"Kaget lulusan psikologi bisa ngomong gitu," kata akun @distusyalpas.

"Kok masnya gitu sih, nangis nih, pen peluk mbak Ilene nya, mana masuk tv nasional pulak," tulis akun @vnderstvd.

"Sejak kapan orang cantik tidak bisa depresi," tulis akun @casdeservesbees.

"Deddy Corbuzier dan Luna Maya, kalian berdua sebagai orang dewasa saya yakin tahu kalau kesehatan mental bukan sesuatu yang bisa dijadikan lelucon," tulis akun @TUANIENN.

(*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kompas.com, YouTube, Twitter

Baca Lainnya